Mohon tunggu...
Helwiyah ewi
Helwiyah ewi Mohon Tunggu... Guru - Lakukan Yang terbaik

Blogger. ,writer, teacher

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Cara Ampuh Memaksimalkan Potensi di Digital World

22 Januari 2022   04:03 Diperbarui: 22 Januari 2022   06:40 81 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Di era teknologi sekarang ini  penggunaan  media berbasis digital sudah menjadi alat bantu keseharian  masyarakat. Bagaimana tidak, sejak bangun tidur hingga tidur lagi  kita masih menggenggam alat teknologi canggih tersebut.  

Bangun tidur sudah dibangunkan oleh alarm dari handphone, mencari sarapan sudah menggunakan pesanan online, berangkat kerja dan sekolah menggunakan transportasi online, tiba di kantor menggunakan mesin absensi digital, masuk ruang kerja atau sekolah banyak menggunakan media digital , mulai dari laptop, komputer, mesin faximile, internet, proyektor.  

Mencar hiburan , memutar aplikasi youtube, tiktok, snack video. Berkomunikasi dengan teman dan relasi  menggunakan whatsapp, twitter, facebook,instagram , line, telegram dan lain lain. Beragam aktivitas terbantu dengan teknologi  berbasis digital  yang terhubung dengan listrrik dan internet.

Dunia digital merupakan suatu kondisi dimana adanya ketersediaan  dan penggunaan alat digital  untuk berkomunikasi di internet, perangkat digital, perangkat  pintar  dan teknologi lain. Jadi, ketika kita berada dalam lingkungan yang tak lepas dari pemanfaatan alat alat digital berarti kita sudah berada dalam dunia digital.  

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia  ( KBBI )  Potensi adalah kemampuan yang mempunyai kemungkinan  untuk dikembangkan , kekuatan, kesanggupan atau daya.  Masa Pandemi bukan harus diratapi, kondisi tak nyaman memaksa manusia berinovasi dan membuka diri terhadap sesuatu yang baru .  

Potensi  dalam dunia digital   berkembang pesat  saat pandemi. Jarak yang jauh dapat didekatkan, yang sulit dapat dimudahkan. Walau pandemi mulai berangsur pergi, namun  perkembangan pemanfaatan dunia digital terus meluas.  Berbagai macam potensi yang kita gunakan dalam pemanfaatan digital world ( Dunia digital )  saat ini seperti  :

Bidang perdagangan / jual beli :

Dengan media digital masyarakat pelosok desa, pegunungan, perkotaan, dapat memanfaatkannya untuk melakukan penjualan online, baik melalui market place, media sosial, email, chat application, instagram .

Berbagai aplikasi  sebagai media promosi pariwisata juga berkembang melalui digital world. Media sosial menjadi lahan pemasaran pariwisata yang sangat efektif.  Dapat kita jumpai  beragam macam aplikasi yang menawarkan penjualan tiket online, alat transportasi, perhotelan, restoran, tempat wisata bahkan perbankan.

Bidang Pendidikan : 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan