Lihat ke Halaman Asli

Bentuk Penilaian Presentasi Siswa

Diperbarui: 4 April 2017   16:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Kelas akan menjadi hidup dan siswa belajar banyak hal dalam kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan metode Presentasi. Presentasi salah satu cara efektif memberikan kebebasan untuk memaparkan hasil kegiatan belajar atau kegiatan kelompok maupun riset (eksperimen). Presentasi tidak harus dengan format powerpoint presentation atau komputer tapi dapat pula menggunakan alat peraga kemudian siswa berbicara didepan kelas dan menjelaskan dihadapan guru dan para siswa.



Sebelum melakukan presentasi guru perlu merencanakan dengan baik melalui Lembar Kerja Siswa yang diberikan. Adapun Kriteria-kriteria penilaian Presentasi Siswa sebagai berikut:

1.1. Pembukaan

Siswa menjelakan maksud dan tujuannya dengan jelas (skor 10 %)

2. 2. Konten (isi)

Penyampaian yang sistematis, jelas dan dapat dipahami dan dapat menjawab pertanyaan yang diberikan (skor 50%)

3. 3. Alat Peraga

Menunjukkan melalui alat peraga sebagai alat bantu untuk memahami hasil kegiatan (skor 30%)

4. 4. Penutup

Penyampaian kesimpulan atau harapan dan salam penutup ( skor 10%)

Setelah presentasi guru mengevaluasi presentasi siswa dengan membacakan catatan-catatan kekurangan dan kelebihan melalui pujian dan motivasi agar dapat melakukan presentasi yang lebih baik

Sumber ( Buku “NYALAKAN KELASMU” karya Sigit Setyawan)

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline