Lihat ke Halaman Asli

Gregorius Nafanu

TERVERIFIKASI

Pegiat ComDev, Petani, Peternak Level Kampung

Pengkhianatan Yudas, Penyangkalan Petrus, dan Cuci Tangan Pilatus

Diperbarui: 6 April 2023   21:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi foto Yesus berdoa di Taman Getsemani (dok foto: iStock).

Yudas Iskariot, Petrus dan Pilatus adalah tiga tokoh penting dalam kisah sengsara hingga wafatnya Yesus Kristus. Ada juga yang lain, namun ketiga tokoh ini lebih kuat karakternya.

Yudas Iskariot, adalah salah satu dari dua belas murid Yesus. Ia merupakan murid yang bersekongkol dengan orang Yahudi untuk menangkap Yesus. 

Simon Petrus merupakan salah satu rasul Yesus yang sering dianggap sebagai pemimpin para rasul. Petrus menyangkal bahwasanya ia tak kenal Yesus ketika ditanya oleh seorang perempuan penjaga pintu di rumah imam Kayafas. 

Sedangkan Pontius Pilatus adalah Gubernur ke-5 dari Provinsi Yudea. Provinsi ini merupakan bagian dari Kekaisaran Romawi yang wilayahnya sangat luas waktu itu.

Dialah yang menjatuhkan hukuman mati pada Yesus, kendatipun tak  ditemukan kesalahan padaNya. Sebab ia takut kehilangan jabatannya.

Sekalipun tak ada bukti kesalahan apa yang ditemukan pada Yesus Kristus, Pilatus tetap menjatuhkan hukuman. Ia takut pada desakan orang Yahudi dan para imam kepala. 

 Yudas: Murid yang Mengkhianati Guru

Yesus memiliki 12 murid. Yudas Iskariot sebenarnya bertugas sebagai bendahara.

Ciuman Yudas, lukisan Giotto di Bondone (dok foto: wikipedia.org)

Yudas adalah bendahara yang tidak jujur dan pernah ditegur oleh Yesus. Karenanya, ia selalu mencari jalan untuk bagaimana menyerahkan Yesus pada orang-orang yang membencinya.

Akhirnya Yudas berhasil bertemu imam-imam kepala. Dia menjanjikan akan menyerahkan Yesus pada mereka asalkan dibayar 30 keping perak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline