Lihat ke Halaman Asli

Gramedia Official

TERVERIFIKASI

Tempat kamu mencari buku 📚

Cara Membuat Jaring-Jaring Balok, Kubus, dan Kerucut dengan Mudah!

Diperbarui: 26 Mei 2023   12:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: pixabay.com/geralt

Jaring-jaring merupakan suatu bidang datar yang berupa gabungan dari bangun datar yang Menyusun sebuah bangun ruang seperti kubu, balok, limas, dan sebagainya. Jaring-jaring ini bisa diperoleh dengan cara membelah suatu bangun ruang dengan mengikuti rusuk-rusuknya.

Bagi kamu yang sedang menduduki tingkat Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pasti sering mendapatkan tugas tentang membuat salah satu jaring-jaring dalam bangun ruang. Nah, biasanya yang paling sering dibuat adalah jaring-jaring balok.

Apakah kamu masih bingung dalam membuat jaring-jaring balok? Jika ya, kamu wajib membaca artikel ini dengan baik, supaya kamu bisa membuat jaring-jaring balok dan bangun ruang lainnya dengan benar.

Definisi Jaring-jaring Balok

Jaring-jaring balok adalah suatu struktur 3D yang terdiri dari balok yang saling terhubung dengan jaring-jaring. Jaring-jaring itu terdiri dari garis yang menunjukkan adanya batas-batas pada balok.

Jaring-jaring balok ini biasanya digunakan dalam sebuah pembangunan bangunan dengan bentuk yang lebih kompleks, seperti taman bermain, gedung bertingkat, dan sebagainya.

Cara Membuat Jaring-jaring Bangun Ruang

1. Cara membuat jaring-jaring balok

Jaring-jaring balok lebih banyak dan juga lebih bervariasi jika kita bandingkan dengan jaring-jaring kubus. Hal ini disebabkan karena, balok memiliki sisi-sisi yang terdiri atas bangun datar persegi panjang.

Pada jaring-jaring balok juga didapat dengan membuka bangun ruang balok sehingga bisa memperoleh keseluruhan dari permukan balok. Berikut ini beberapa contoh dari gambar jaring-jaring balok yang bisa kamu perhatikan dengan seksama.

Gambar jaring-jaring balok 1:

Sumber: matematrick.com

Gambar jaring-jaring balok 2:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline