Lihat ke Halaman Asli

KKN Tematik UPI 2022: Mewujudkan Kampung Aman Perempuan

Diperbarui: 10 Agustus 2022   01:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar mahasiswa bersama sekertaris lurah setelah sosialisasi /Dokpri

Universitas Pendidikan Indonesia atau yang biasa dikenal sebagai UPI menggelar KKN daring dari tanggal 11 Juli - 10 Agustus 2022 dan diadakan sesuai domisili tempat tinggal masing-masing mahasiswa. Salah satu lokasi KKN ini berada di daerah Jawa Tengah, tepatnya di Kelurahan Magersari, Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Mahasiswa KKN di Kelurahan Magersari ini mengusung tema "Desa Ramah Perempuan" dengan sub-tema "Kekerasan Terhadap Perempuan". Mahasiswa tersebut bernama Febian Putra Pratama. Saat berbicara dengan Kepala Kelurahan, mahasiswa KKN UPI diarahkan ke sekretaris kelurahan yang biasa langsung berhubungan dengan kegiatan sosial.

"Kebetulan kalau untuk kekerasan perempuan, dari awal covid sampai sekarang, belum ditemukan kasus yang dilaporkan dan cenderung aman-aman saja," jelas Ibu Aquarini yaitu Sekretaris Kelurahan Magersari, pada kelompok KKN UPI.

Sekretaris tersebut pun menyarankan untuk membuat video edukasi singkat soal kekerasan terhadap perempuan. Akhirnya mahasiswa KKN UPI pun membuat program kerja dengan tema "Kekerasan Terhadap Perempuan dan Bagaimana Penanganannya" dengan mengambil data dari www.magelangdatago.co.id sebagai acuan. Di sana tertulis, sejak tahun 2021 ada total 20 kasus KDRT yang mayoritas dialami oleh perempuan dewasa dan anak-anak.

Gambar video edukasi yang diunggah ke Instagram /Dokpri

Guna video tersebut yaitu agar tidak hanya daerah Kelurahan Magersari saja yang teredukasi dan masyarakat luar juga bisa terkena dampak positifnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline