Lihat ke Halaman Asli

Fadila zannuba arifah

menulis adalah sejarah

Mengenal dan Memahami adalah Cara Menjaga Identitas Nasional

Diperbarui: 17 Juni 2021   08:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengenal dan Memahami adalah Cara Menjaga Identitas Nasional. | Kompas

Identitas nasional merupakan kata yang sangat sering diucapkan oleh setiap kalangan masyarakat bangsa ini. Namun banyak  orang yang tak memahaminya. Apa yang harus pemuda lakukan, agar semua masyarakat mengerti apa arti identitas nasional dan betapa berharganya identitas nasional? Banyak juga yang menganggap bahwa identitas nasional adalah suku, budaya, dan lain-lain. Pernyataan tersebut tidak salah, namun masih ada pernyataan yang lebih menyeluruh dan menyatu.

Baca juga: Tantangan dan Upaya Mempertahankan Identitas Nasional di Era Globalisasi

Identitas adalah ungkapan nilai-nilai budaya suatu bangsa yang bersifat khas dan membedakannya dengan bangsa yang lain. Kekhasan yang melekat pada sebuah bangsa banyak dikaitkan dengan sebutan "identitas nasional". Identitas nasional tidak hanya menetap dalam satu pengertian. Identitas nasional akan selalu berkembang mengikuti jaman yang semakin modern ini. Identitas nasional sangat memiliki banyak pengertian sebagai berikut. Identitas nasional adalah identitas suatu kelompok masyarakan yang memiliki ciri dan menumbuhkan tindakan secara kolektif yang diberi sebutan nasional.

Baca juga: Identitas Nasional di Persimpangan Jalan

Setiap pihak memiliki peran masing-masing dalam menjaga identitas nasional, terutama pemuda-pemuda bangsa. Menjaga identitas bangsa akan sama dengan menjaga reputasi bangsa. Pemuda juga memiliki peran yang sangat penting dalam memelihara dan menjaga identitas negara. Seperti dengan menggunakan produk Indonesia, tetap belajar Bahasa daerah, membatasi diri dengan globalisasi yang sangat berbahaya jika tidak memiliki batas, dengan mengembangkan jiwa nasionalisme dalam diri pemuda-pemuda bangsa, selalu melestarikan budaya bangsa, memiliki solidaritas tinggi dalam mempertahankan identitas nasional.

Baca juga: Sekali Lagi tentang Identitas Nasional

Fadila Zannuba Arifah

sabtu, 22 Februari 2020




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline