Lihat ke Halaman Asli

Eko Raharjo

Penulis yang sedang Belajar Menulis

Saling Mengincar Nasabah: Bank dan Asuransi

Diperbarui: 3 April 2017   15:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok ( OJK melalui Bisnis Indonesia)

Melihat banyak nya portopolio bisnis di perbankan dan tingkat penetrasi perbankan yang lebih baik dari baik dari pada asuransi. Membuat banyak Rencana perusahaan asuransi mengarahkan teropong bisnisnya kepada perbankan

Dikenal dengan bancasurance, dimana perkawinan produk antara Asuransi dan Bank. Asuransi sebagai pendatang baru dalam pendekatan literasi kepada masyarakat nampaknya mulai mendompleng agar bank menjadi center of change pola berasuransi masyarakat.

Merujuk pada definisi dari bancassurance, berapa literatur dan aturan regulator, membagi dengan jelas pola kerjasama yang dapat dilakukan diantaranya :

Kerjasama Referensi, Bank mereferensikan produk asuransi yang tidak menjadi persyaratan untuk memperoleh suatu produk perbankan kepada nasabah. Bank hanya mereferensikan nasabahan untuk memilih asuransi tertentu atau bank menyediakan ruangan tertentu untuk mau menutup asuransi kepada mitra yang bekerjasama

Kerjasama Distribusi, Kerjasama distribusi merupakan suatu aktivitas kerjasama pemasaran produk asuransi, dengan Bank berperan memasarkan produk asuransi dengan cara memberikan penjelasan mengenai produk asuransi tersebut secara langsung kepada nasabah. Peran bank memberikan penjelsan menegani produk asuransi dimaksud,baik tentang produk, risiko dan premi nya

Integrasi Produk, Integrasi produk merupakan suatu aktivitas kerjasama pemasaran produk asuransi, dengan Bank berperan memasarkan produk asuransi kepada nasabah dengan cara melakukan modifikasi dan / atau menggabungkan produk asuransi dengan produk Bank. Peran Bank tidak hanya meneruskan dan memberikan penjelasan yang terkait dengan produk asuransi kepada nasabah, tetapi juga menindaklanjuti aplikasi nasabah atas Bundled product

Nasabah bank adalah yang paling mudah ditawari produk bancassurance mengingat keakrabannya dengan tatacara pemasaran jasa keuangan bank. Sebagai pihak yang juga mempertaruhkan reputasi nya ketika menawarkan produk asuransi tersebut kepada nasabahnya, ketidakmampuan atau tindakan ingkar janji dari perusahaan asuransi untuk melunasi klaim asuransi akan menimbulkan citra buruk tidak saja padaperusahaan asuransi, tetapi juga akan berakibat pada reputasi bank yang bersangkutan.

Beberapa produk yang ditawarkan industri asuransi dalam mendampingi produk perbankan diantaranya yakni :  

Perlindungan Asset Nasabah

Adapun sasaran yang dilakukan oleh industry Asuransi Umum tidak lain yakni nasabah yang memiliki asset. Nasabah bank yang memiliki asset dapat menjadi sasaran asuransi yang menjadi mitra kerjasama dengan bank. Bahkan beberapa yang memiliki afiliasi anak usaha langsung mensyaratkan asset yang dijaminkan atau sedang dalam proses kredit di asuransi di asuransi yang menjadi mitra nya

Asuransi Kesahatan / Asuransi Jiwa

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline