Lihat ke Halaman Asli

Ernita Silaban

Mahasiswa Sekolah Tinggi Bibelvrouw HKBP

Cerpen: Mata

Diperbarui: 2 Maret 2021   16:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Mata adalah bagian yang terpenting dari indra manusia untuk melihat dengan jelas sekeliling, mata juga merupakan bagian yang paling sangat dilindungi oleh setiap manusia, dan mata juga sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari manusia. Dengan mata manusia juga akan dapat melihat bahkan berjalan, namun apakah tanpa mata manusia bisa melihat dan berjalan, bagi sahabat kita kaum Tunanetra mereka bisa berjalan tanpa melihat dengan memakai rasa dan naluri mereka bahkan kasih Tuhan kepada mereka.

Mata juga harus dijaga dengan baik termasuk kesehata nya, banyak orang saat ini harus menggunakan kacamata untuk membantu penglihatan mereka, terkadang bukan tidak menjaga kesehatan mata namun ada juga faktor keturunan seperti saya yang sudah menggunakan kacamata sejak kecil, maka dengan itu juga sangat membantu saya dalam kehidupan ini, dengan mata juga kita bisa melakukan hal yang baik dan buruk, melalui mata kita juga berpikir hal yang baik dan buruk, tergantung ke hal yang mana kita gunakan mata kita.

Di dalam kehidupan rohani, kita juga perlu menjaga kesehatan mata rohani kita, bila mata rohani kita baik maka baik pula penglihatan kita. Demikian pula sebaliknya,bila kita mengalami kebutaan rohani, maka apa yang keluar dari kehidupan kita juga adalah hal-hal yang tidak baik.

Kasih kita akan menjadi dingin, kita akan menjadi orang yang apatis, dan hanya hidup untuk diri kita sendiri. Dalam kehidupan sekarang ini, ditengah berbagai tekanan hidup, mungkin kita lebih sering menemui orang-orang yang mengalami buta rohani, namun kiranya hari ini kita diingatkan kembali untuk menjaga kesehatan mata jasmani dan rohani kita. Biarlah mata kita selalu tertuju pada kasih setia TUHAN agar setiap jalan yang akan kita lalui mampu berjalan sesuai kehendak-Nya.

Kapal berlayar menggunakan Kompas.

Bila sudah mencapai Tujuan Kompas akan disimpan. Anggaplah Alkitab itu Kompas untuk menuju hidup benar. Hidup baik inti ajarannya adalah Kasih. Adakah yang sudah menjalaninya? Yang menjalaninya disebut Pelaku Firman. Alkitab juga adalah Kompas untuk menuju Hidup yang Abadi.

Bila sudah sampai Hidup Kekal, tidak akan ada yang membawa Alkitab. Yang Mencapai Hidup Kekal abadi adalah yang namanya sudah tercatat Dalam Kitab Kehidupan.

Dengan apa menjaga mata jasmani kita yaitu dengan menggunakan ke hal yang positif dan menjaga kesehatan mata, selain itu kita harus menjaga kesehatan mata rohani kita dengan berlandaskan firman Tuhan dan sesuai dengan kehendak Tuhan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline