Lihat ke Halaman Asli

Pengertian, Objek, Problem, Fungsi, Arah, dan Manfaat Filsafat

Diperbarui: 10 Oktober 2019   12:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

1).filsafat ilmu: adalah segala studi yang membahas segala fenomena yang ada dalam kehidupan dan penukaran manusia secara kritis dan skeptis dengan mendalami sebab-sebab mendasar.

2).objek filsafat:-material hal tau bahan yang diselidiki (hal yang dijadikan sasaran penyelidikan) atau segala sesuatu yang ada disini mempunyai tiga pengertian yaitu ada dalam kenyataan,pikiran,dan kemungkinan.

-objek formal bisa disebut(sudut pandang) dari mana sang subjek menelaah 0bjek materialnya. misalnya objek "manusia" yang dapat ditinjau dari berbagi sudut pandang, di antaranya psikologi.

3).problem filsafat: epistimologi yaitu segenap proses ang terlibat dalam usaha  untuk memperoleh pengetahuan, dengan kata lain epistimologi adalah suatu teori pengetahuan berkaitan dengan pemilihan dan kesesuaian antara realisme atas pengetahuan. tentang proposi konsep-konsep,kepercayaan,dan sebagainya logika dalam arti tertentu masuk dalam landasan epistimologi ini.

4).Fungsi filsafat ilmu:

 -sebagai alat mencari kebenaran dari segala fenomena yang ada.

-memberikan pengertian tentang cara hidup dan pandangan hidup.

5).manfaat belajar filsafat yaitu mampu menyelesaikan masalah  dalam kehidupan yang namanya masalah tentu akan selalu ada. dan untuk menghadapi masalah memerlukan ketenangan lahir dan batin. sehingga hasil yang didapat tidak di sesali kemudian hari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline