Lihat ke Halaman Asli

Eka MP

Penulis - Blogger

Berniaga Sukses ala Rasulullah

Diperbarui: 13 April 2022   23:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pandemi Covid-19 telah berlangsung sekitar dua tahun dan berdampak secara langsung pada perekonomian dunia. Akibatnya banyak usaha gulung tikar dan memberhentikan karyawannya. Di lain pihak karyawan yang kehilangan pekerjaan justru berusaha bertahan hidup dengan mulai berwirausaha. 

Prinsip ekonomi yang dianut secara global adalah "Dengan pengorbanan seminimal mungkin mengharapkan hasil semaksimal mungkin". Akan tetapi apakah itu sudah cukup? Sudah sesuai dengan tauladan Rasulullah dalam berniaga?

Berniaga Ala Rasulullah

Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam terkenal sebagai pedagang sukses. Reputasinya sudah terkenal hingga ke berbagai negeri. 

Mengenal Sifat dan Karakter Rasulullah sebagai Seorang Wirausaha

Berniaga sejatinya tak sekadar mendapat untung sebanyak-banyaknya. Belajar dari Rasulullah yang membangun usahanya dengan memiliki reputasi pribadi yang dihormati oleh siapapun. 

Jujur dan berintegritas

Seperti kita ketahui Nabi Muhammad memulai usaha di Mekah dengan membangun reputasi sebagai pengusaha yang memiliki karakter yang baik. Hingga orang-orang Mekah memanggilnya dengan gelar ash-shiddiq (orang yang jujur) dan al-amin (orang yang terpercaya. 

Kejujuran dan integritas ini menjadi bagian dari membangun suatu usaha. Karakter diri pribadi menjadi pegangan bagi orang-orang yang berinteraksi dengan kita. 

Ingat ya, bukan sekadar membentuk suatu pencitraan belaka namun karakter asli yang melekat kuat dan terpancar dari hati. 

Pekerja Keras

Memulai usaha bukanlah hal yang mudah. Terlebih jika terbiasa menjadi karyawan dengan gaji bulanan. Harus mulai mengubah mindset menjadi wirausaha yang tangguh. 

Bekerja keras tak kenal lelah mencari berbagai peluang usaha. Mendatangi banyak negeri untuk berniaga dilakukan Rasulullah dengan sungguh-sungguh. Sifat ini patut diteladani oleh seorang wirausaha terlebih yang baru merintis. 

Tak Mudah Putus Asa

Usaha tak selamanya lancar jaya, ada kalanya mengalami kendala dari yang ringan hingga yang berat. Sehingga dibutuhkan mental baja untuk terus berusaha. 

Menglihat Prinsip Berniaga Rasulullah 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline