Lihat ke Halaman Asli

Edwin Gusani

Hamba, Pengelana

Kenalan Sama Obrog-obrog, Tradisi Ramadan Unik yang Hanya Ada di Majalengka

Diperbarui: 26 Maret 2024   13:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tradisi unik ramadan 'obrog-obrog' khas Majalengka/Dok Pribadi

Bulan Ramadan selalu saja menjadi bulan yang ditunggu-tunggu oleh setiap insan beriman di seluruh penjuru dunia ini. Bukan hanya momen ibadahnya semata, banyak sekali tradisi unik yang juga dinanti, tidak terkecuali di Tanah Air.

Salah satu tradisi unik kali ini adalah obrog-obrog yang merupakan ciri khas yang selalu digandrungi setiap masanya di Kabupaten Majalengka.

Majalengka merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat bagian timur. Melihat dari geografisnya, Majalengka sangat kental perpaduan budaya sunda dan kecirebonannya.

Obrog-obrog disini merupakan tradisi unik yang ada setiap kali bulan ramadan tiba di Kota Angin, khususnya pada saat waktu sahur tiba.

Obrog-obrog yakni tradisi membangunkan sahur warga di setiap dusun bahkan setiap rukun warga dengan membunyikan alat musik perkusi sederhana hingga pada perkembangannya menjelma organ keliling.

Personel obrog-obrog Kp. Babakan RW 05 Desa Waringin/Dok Pribadi

Ya, obrog-obrog dari masa ke masa memang telah mengalami perubahan dari segi alat musik yang dibawakan ramai berkeliling kampung tersebut.

Menilik informasi sepuh, dahulu kala hanya kentongan bambu yang dijadikan alat untuk membangunkan warga untuk santap sahur di bulan ramadan.

Beranjak dari sana, mulailah masuk alat musik seperti bedug, gong, hingga genjring. Personil obrog-obrog pun sangat beragam dari beragam kalangan.

Mulai dari anak-anak, pemuda, hingga tokoh masyarakat ikut berpartisipasi dalam obrog-obrog ini. Akan tetapi, tetap ada tim inti yang memegang alat musik tersebut dan diiringi dengan rombongan yang lainnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline