Lihat ke Halaman Asli

editan to

Mengelola Usaha Percetakan

GMKI Provokasi Papua Merdeka, Benarkah?

Diperbarui: 5 Desember 2020   12:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Video seruan Papua Merdeka (Foto: Publicanews.co/@ShamsiAli2)

DI TENGAH seruan warga Papua tidak tunduk kepada pemerintah Indonesia yang dideklarasikan pimpinan ULMWP Benny Wenda, sebuah kompilasi video 50 detik yang disebut dari GMKI ikut menyeru refendum dan kemerdekaan.

Video dikomentari politikus Partai Gerindra Fadli Zon , bersumber dari tokoh Islam di Amerika Serikat (AS) asal Indonesia Imam Shamsi Ali . Video menggambarkan Kongres ke-37 Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) yang berlangsung di Hotel Aston Niu Kota Injil Monokwari, Papua Barat.

Anggota partai Koalisi Jokowi tetapi berseberangan dengan pemerintah itu mempertanyakan kebenaran video tersebut. Ia mencolek Jokowi, Mahfud MD, termasuk kepolisian atas Kongres GMKI pada Selasa (24/11).

Dalam video tampak seorang wanita yang membacakan hasil sidang. Ia menyebutkan bahwa peserta menuntut pemberian hak menentukan nasib orang Papua yang diinisiasi pihak ketiga PBB.

Kemudian mikrofon diberikan kepada seorang pria. "Indonesia tanah airku, tanahku sewa, air kubeli," katanya. pria "Papua!" ia tiba-tiba berteriak.

"Merdeka!" peserta kongres menyahut.

Fadli Zon hanya sebatas mempertanyakan kebenaran video tersebut. "Benarkah video ini? Tolong direspon Pak @jokowi, @mohmahfudmd, @DivHumas_Polri, @Puspen_TNI," Fadli Zon mencuit lewat akun @fadlizon, Sabtu (5/12).

Meskipun demikian unggahan anak buah Prabowo itu telah memantik respon. Setidaknya, hingga Sabtu siang ini sudah hampir 600 orang menanggapi dan 2000 menyukai.

Fadli yang mempunyai pengikut 1,5 juta di akun Twitternya memang kemudian bagai menyulut api polemik di tengah memanasnya klaim dari United Liberation Movement for West Papua (ULMWP).

Setidaknya itu muncul dari komentar yang masuk yang menuding GMKI ada di dalam cemarut tuntutan kemerdekaan Papua.

"Seandianya itu forum HMI," tulis pemilik akun Nasier Husen menanggapi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline