Lihat ke Halaman Asli

Dayan Hakim

persistance endurance perseverance

Meningkatkan Kualitas Layanan Jakarta Commuter Line

Diperbarui: 20 Desember 2016   12:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Jakarta Commuter Line sudah eksis. Pelayanan yang diberikan sudah cukup baik walau belum masuk kategori memuaskan. Perbaikan masih perlu dilakukan di beberapa bagian. Mengingat kendala keuangan yang terbatas tentu saja perbaikan yang dilakukan harus secara bertahap. Beberapa usulan perbaikan kualitas layanan yang saat ini mendesak untuk dilakukan adalah sebagai berikut:

Renovasi Stasiun Pemberhentian

Kondisi Stasiun pemberhentian yang ada sudah cukup baik. Namun renovasi seperlunya dan pengecatan ulang perlu dilakukan.

Beberapa stasiun pemberhentian yang saat ini tidak aktif perlu diperbaiki agar dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan penggunaan menampung mobilitas penggunaan JCL.  Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan KSO dengan pihak ketiga sehingga lebih ringan dalam pembiayaannya.

Area parkir dan interkoneksi dengan moda transportasi lainnya perlu ditata ulang sehingga membuat penumpang merasa nyaman untuk dapat masuk dan keluar ke stasiun. Contohnya di Stasiun Sudirman dan Palmerah. Penyeberangan jalan dan koridor interkoneksi dengan Damri dan Trans Jakarta harus diperbaiki. Hal ini dapat dilakukan dengan meminta bantuan dari Dinas Perhubungan Pemda DKI sehingga dapat dibagi pembiayaannya.

Untuk beberapa stasiun pemberhentian yang memiliki area cukup luas dapat ditambahkan fasilitas penitipan sepeda dan sepeda motor yang tertutup dengan perhitungan sewa bulanan yang tentu dapat memberi tambahan pendapatan bagi JCL sebagai bagian dari Program Optimalisasi Aset PT KAI.

Perbaikan dan renovasi stasiun pemberhentian akan membuat nyaman pengguna jasa layanan Jakarta Commuter Line. Pagar pembatas jarak aman dan tutup koridor hujan amat dibutuhkan bagi stasiun kecil.

Penambahan Rute Layanan

Rute layanan yang ada dengan 6 layanan saat ini sudah cukup baik namun belum mampu memenuhi kebutuhan para pengguna jasa JCL. Beberapa tambahan pemberhentian dirasa sudah mendesak untuk dilakukan, yakni:

Rute Maja/Tigaraksa – Tanah Abang agar segera direalisasikan untuk dapat mempercepat pertumbuhan perekonomian Provinsi Banten.

Rute Cikarang/Cibitung – Manggarai agar segera direalisasikan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas jalan raya yang selama ini bertumpuk di Cawang. Untuk itu perlu dibangun stasiun pemberhentian baru di Cibitung dan TMP Patriot Bangsa. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan pihak Jababeka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline