Kata-kata atau istilah Deep learning saat ini sedang booming di dunia pendidikan, muncul setelah pergantian menteri pendidikan yang baru, yaitu Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen) Prof. Dr. Abdul Mu'ti, M.Ed.
Awalnya Deep learning ini diartikan sebagai kurikulum pengganti dari kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum merdeka.
Ternyata dijelaskan kembali oleh Bapak Menteri bahwa Deep Learning bukanlah sebuah kurikulum pendidikan yang baru melainkan metode pengajaran yang berfokus kepada pemahaman mendalam dan keterampilan berpikir kritis.
Tujuannya adalah agar siswa dapat memahami konsep secara lebih mendalam dan dapat menerapkannya dalam berbagai situasi.
Karakteristik metode atau strategi belajar deep learning yaitu :
- Pemahaman mendalam yaitu, siswa didorong untuk memahami materi secara meneyeluruh, tidak pada permukaannya saja melainkan memahami konsep belajar secara mendalam, sehingga bisa menghubungkan dengan pengetahuan yang sudah ada.
- Berbasis masalah dan penyelidikan, pendekatan ini sering melibatkan pemecakan masalah dan investigasi, yang memerlukan pemahaman dan analisis yang lebih mendalam.
- Berpusat pada siswa, pembelajaran deep learning menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran, guru berperan sebagai fasilitator yang mendukung dan memotovasi siswa.
- Penggunaan pemikiran yang kristis dan kreatif, siswa didorong untuk berpikir kritis dan kreatif, menganalisis dan mengevaluasi, membuat hubungan antar informasi baru dan lama, mengembangkan ide-ide serta pendapat mereka.
- Penerapan hasil pembelajaran dalam situasi nyata, dalam pembelajaran deep learning sering mengarahkan siswa untuk menghubungkan materi yang dipelajarinya dengan konteks atau situasi nyata.
Konsep pembelajaran deep learing mencakup 3 konsep penting yaitu, meaningful learning, mindful learning, dan joyful learning.
Ketiga konsep ini bekerja secara sinergis untuk menciptakan pembelajaran yang lebih mendalam, relevan dan memotivasi.
Pengertian dari Meaningful Learning adalah pembelajaran yang bermakna, di mana siswa mampu mengaitkan pengetahuan baru dengan pengalaman atau pengetahuan yang sudah mereka miliki.
Tujuannya agar siswa bisa melihat relevansi materi dengan kehidupan mereka, membuat pembelajaran lebih signifikan dan mudah difahami.
Pengertian Mindful learning adalah, dengan kesadaran penuh di mana siswa terlibat dalam proses belajar secara sadar, fokus dan perhatian penuh terhadap materi yang dipelajarai dan berfokus pada hasil.