Lihat ke Halaman Asli

Bert Toar Polii (Bertje)

Atlet, Pelatih, Jurnalis Bridge

Precision Lebih Mudah Dari Standart? Bisa Ya Bisa Tidak

Diperbarui: 9 April 2024   09:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koleksi Pribadi

PRECISION LEBIH MUDAH DARI STANDART? BISA YA BISA TIDAK

Oleh: Bert Toar Polii

Sebelum Erick Kokish datang melatih tim nasional Indonesia sekitar tahun 1994 hampir seluruh pemain Indonesia yang sering mewakili Indonesia di turnamen manca Negara bermain sistim Precision.

Penulis pernah ketika megikuti Rosenblum Cup di Geneva Swiss tahun 1986 saat berhadapan dengan Polandia. Pemain lawan sebelumnya bertanya asal negaranya dan ketika tahu kita dari Indoesia, ia dengan yakin berkata pasti main Presicion. Tentu saja kita tinggal mengangguk setuju sambil tersenyum.

Sejak kedatangan Erick Kokish melatih, beberapa pemain nasional mulai beralih main Sistim Standart. Kepopuleran sistim standart lebih menggema setelah Program Bridge Masuk Sekolah dan semakin banyak pemain Indonesia yang bermain bridge di internet. Untuk bermain bridge di Bridge Base Online dan mudah mendapat partner maka pemain wajib mengetahui sistim standart. Apalagi jika ingin bermain Challenge yang sedang popular saat ini.

Kedua sistim ini jelas mempunyai kelebihan sekaligus kelemahan masing-masing.

Pada papan dibawah ini, bermain sistim Precision dengan mudah mencapai kontrak slam tinggal menentukan apakah small slam atau grand slam. Tetapi, bermain sistim standart terutama yang tidak dilengkapi dengan berbagai perjanjian antar partnership maka akan menemui kesulitan.

Jadi, sistim apa saja yang digunakan selama setiap pemain bisa mengartikan sesuatu penawaran dari pasangannya sama dengan apa yang diinginkan pasangannya maka itulah sistim yang terbaik.

Dua papan dibawah ini menjadi contoh menarik. Papan ini diambil dari pertandingan Mixed Team beberapa tahun yang lalu antara pemain dari Kaltim vs Kalbar

Board: 27. Dlr: Selatan/--

Utara

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline