Lihat ke Halaman Asli

Bernadetta Azalia

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Warung Ijo, Warung Makan Rumahan Khas Yogyakarta

Diperbarui: 12 November 2019   12:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Selain dikenal sebagai Kota Pelajar, Kota Wisata, Yogyakarta juga dikenal sebagai Kota Kuliner. Wisatawan yang berlibur di Yogyakarta pun akan dimanjakan dengan banyaknya pilihan kuliner yang beragam dan dengan harga yang bersahabat. Tak sedikit warung makan yang tetap mempertahankan keunikan masakannya di Yogyakarta. Salah satunya Warung Ijo Baciro.

Warung Ijo Baciro terletak di Jalan Argolubang Gang Delima No.39 Baciro Yogyakarta. Warung Ijo Baciro merupakan salah satu warung makan yang hingga kini konsisten menyajikan masakan khas Jawa. 

Warung Ijo Baciro menyajikan beragam pilihan menu bagi para pelanggannya. Kekhasan yang diberikan oleh Warung Ijo Baciro ini sudah ada sejak 1971 lalu dengan pendirinya yakni Ibu Samirah Hadi Mulyono (almh) yang sekarang dikelola oleh menantunya, Siti Jamidah.

Dok. Pribadi

Pukul 6.30 WIB Warung Ijo Baciro mulai buka, dan di jam itu pula sudah mulai terlihat pelanggan yang berdatangan mencari sarapan. Warung Ijo Baciro buka dari Senin sampai Jumat, dan sampai pukul 14.00 WIB. "Kalau tutupnya ya nggak pasti ya, mbak. Tergantung ramai atau sepinya pas hari itu, mentok yang jam 14.00" ujar Siti.

Tentunya, sebelum pukul 6.30 WIB Siti dan pegawainya sudah harus siap untuk membuka warungnya dengan mempersiapkan beragam menu yang ingin disajikan kepada pelanggan.

Dok. Pribadi

Warung Ijo mampu menyajikan kurang lebih 15 masakan berbeda tiap harinya

Dok. Pribadi

Warung Ijo Baciro juga menyajikan menu yang beragam, sayur dan lauk pauk yang memiliki ciri khas sendiri. Ada beberapa keuniikan yang dimiliki oleh Warung Ijo Baciro, keunikan pertama yakni terdapat kurang lebih 15 jenis menu yang disajikan.

Kedua memberi alternatif menu untuk para pelanggan yang sedang "diet" karena di sini pelanggan bisa memilih Nasi Merah sebagai makanan pokok mereka, ketiga terdapat menu minuman yang khas pula seperti beras kencur, kunir asem, dan wedang asem. Selanjutnya, menu yang ada di Warung Ijo sendiri selalu ganti setiap harinya, lho! Sehingga tidak membuat pelanggannya mudah bosan.

Menu Brongkos dan Trancam menjadi menu favorit pelanggan 

Trancam

Dari berbagai menu yang disajikan, rupanya terdapat satu menu yang digemari oleh pelanggan Warung Ijo itu sendiri, yakni Brongkos. Kehadiran Brongkos di Warung Ijo Baciro sendiri merupakan salah satu kekhasan yang dimiliki yang mampu membedakannya dengan Warung Makan yang lain. 

Ya, Brongkos disini juga jadi favorit pelanggan ternyata, karena mungkin disini rasanya beda dan khas, mbak 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline