Lihat ke Halaman Asli

5 Jenis Olahraga untuk Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh Hadapi Pandemi Covid-19

Diperbarui: 5 Juli 2020   19:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Olahraga merupakan sebuah aktivitas yang terpenting untuk meningkan sistem imunitas tubuh dengan kita berolahraga tubuh menjadi sehat dan segar. Membuka hari dengan olahraga  menjadikan tubuh yang kuat dan dengan berolahraga tubuh merupakan salah  satu benteng untuk menghadapi virus Covid-19. Berolahraga yang teratur menjadi cara untuk menjaga kesehatan, kebugaran dan daya tahan tubuh. Dengan adanya Covid-19 kita berolahraga tidak perlu keluar rumah, banyak olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah.

Olahraga dapat dilakukan 3-4 kali per minggu dan durasi selama 30-45 menit. Alangkah baiknya olahraga dilakukan di halaman rumah atau balkon rumah agar ketika kita melakukan olahraga terpapar dengan sinar matahari. Jika kita melakukan olahraga di depan rumah dengan terpapar sinar matahari lebih baik olahraga di jam 8.00-10.00. Ketika kita melakukan olahraga di jam 10.00 ke atas tidak bagus untuk kulit atau kesehatan bagi tubuh kita. Ada 5 jenis olahraga yang kita pilih di dalam rumah yaitu jumping jack, push up, leg lift, sit up, dan squat.

  • Jumping jack merupakan olahraga yang sangat mudah, praktis dan jumping jack merupakan latihan cardio yang sangat bagus untuk pemanasan.
  • Push Up olahraga yang sangat sederhana, meski gerakannya sangat sederhana tetapi olahraga push up ini sebenarnya banyak variasi dan beragam.
  • Leg Lift merupakan olahraga yang bisa dilakukan di rumah juga, gerakan berguna untuk memperkuat otot-otot kaki. Gerakan ini juga bisa dikombinasikan dengan gerakan lain seperti push up dan sign up.
  • Sit Up salah satu olahraga yang sangat di anjurkan, gerakan sit up bermanfaat untuk memperkuat otot perut. Cara ini sangat efektif untuk mengencangkan otot perut yang masih kendur.
  • Squat ialah gerakan yang sangat berguna untuk memperkuat kaki dan punggung. Olahraga yang mudah dipraktekan gerakan squat dengan berdiri dan duduk diatas kursi. Lakukan gerakan ini dengan berulang kali.

Tidak ada salahnya kita melakukan olahraga ringan secara rutin di rumah. Olahraga sederhana yang dilakukan di rumah merupakan salah satu kegiatan ringan yang memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Selain itu dengan kita melakukan olahraga di rumah kita lebih bisa santai dan lebih hemat tidak memerlukan biaya. Kuatkan imunitas hadapi pandemi Covid-19 dengan olahraga!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline