Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Apa itu Filsafat Bhatta Mimamsa?

Diperbarui: 16 Juni 2022   20:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Apa Itu Filsafat Bhatta Mimamsa?

Kebenaran dicari dengan berbagai cara pada era India Kuno. Tradisi Agung di masa lalu melakukan pertapaan keras, kontemplasi, mati raga untuk menemukan  kebenaran. Akibatnya, mereka benar-benar memvisualisasikan Veda, Wahyu Ilahi. Ini adalah cahaya abadi dan menerangi jalan tindakan dan pengetahuan. Sistem Filsafat India yang berhubungan dengan jalan ada dua: satu menjunjung tinggi ajaran yang terkandung dalam bagian-bagian sebelumnya dari Veda, khususnya Brahman sebagai: dan yang lainnya, yang terkandung dalam bagian-bagian terakhirnya, yaitu Upanishad,  Keduanya, karena alasan ini, masing-masing disebut Purva-Mimamsa dan Uttara-Mimamsa. Purva-Mimamsa biasanya disebut secara singkat, Mimamsa dan Uttara-Mimamsa dikenal sebagai Vedanta.

Istilah 'Mimamsa' berasal dari akar kata 'Man, to know' dengan akhiran desideratif, 'San'; dan itu berarti keinginan untuk pengetahuan. Istilah 'Mimamsante', 'Mimamsa'l dll. muncul dalam Veda dan merujuk pada diskusi tentang makna bagian-bagian Veda yang berhubungan dengan pelaksanaan pengorbanan. Pada waktunya, diskusi-diskusi semacam itu berkembang menjadi Sastra yang sistematis dan jelas karena perkembangan yang mencolok dari sistem-sistem filsafat lainnya, Mimamsa   menjadi sistem filosofis yang lengkap dengan epistemologi dan ontologinya sendiri selain menjadi sistematisasi ritual melalui interpretasi yang tepat dari teks-teks Veda.

Jaimini [300 SM] menulis sutra Mimamsa, Dia merujuk dalam sutranya ke banyak Mimamsa Acaryas-Atreya, Karsanjani, Badari, Badarayana, Asmarathya, Aitisayana, Ksmukayana, Labukayana dan Alekhana. Dugaan para sarjana modern adalah bahwa ini mungkin telah menulis karya-karya serupa yang hilang dari kita. Karya Jaimini berisi 16 bab. Bab 1 sampai 12 disebut Mimamsa Kanda dan 13 sampai 16 disebut Sankarsa Kanda. Kanda yang terakhir   disebut Devata Kanda mengingat diskusi mengenai dewa-dewa yang dilakukan di sini dalam banyak Adhikarananya.

Menurut Kumarila dalam tulisannya yang berjudul varttika, Veda bukan ciptaan manusia. Tidak ada manusia yang dianggap menjadi penulis veda dan tidak ada seorang pun yang mengingat siapa yang menulisnya. Vedas   bukan ciptaan dewa. Kumarila menganggap tidak perlu untuk mengungkapkan eksistensi dewa karena veda adalah abadi; suatu kitab yang abadi tidak membutuhkan penulis atau asal lainnya.

Alam semesta   abadi, oleh karena itu tidak membutuhkan dewa sebagai pencipta atau asal dari segala sesuatu. Kumarila bersama dengan purva Mimamsa mengembangkan suatu metode untuk menafsirkan veda. Dan yang terdapat dalam Veda utamanya adalah Brahmanas bukan Upanishads, seperti yang diajarkan dalam vedanta. Kumarila   menganggap praktik agama sannyasa tidak ada.

Karya-karya lain yang termasuk dalam aliran ini adalah Jaiminiya-nyayamala-vistara karya Madhava ("Perluasan Rentetan Penalaran oleh Jaimini"), Vidhirasayana ("Ramuan Tugas") Appaya Dikshita, Mimamsa-nyaya-prakasha karya Apadeva ("Penerangan Penalaran) dari Mimamsa", dan Artha-samgraha ("Koleksi Harta Karun") karya Laugakshi Bhaskara;

Di mana Kumarila dan Prabhakara berbeda, Kumarila tetap lebih dekat dengan Jaimini dan Shabara. Kumarila, seperti Jaimini dan Shabara, membatasi Mimamsa pada penyelidikan dharma, sedangkan Prabhakara menugaskannya tugas yang lebih luas untuk menyelidiki makna teks-teks Veda. Kumarila memahami perintah Veda untuk memasukkan pernyataan hasil yang akan dicapai; Prabhakara mengikuti Badari mengecualikan semua pertimbangan hasil dari perintah itu sendiri dan menyarankan   rasa kewajiban saja yang mendorong seseorang untuk bertindak.

Mimamsa memandang alam semesta sebagai sesuatu yang abadi dan tidak mengakui kebutuhan untuk melacaknya kembali ke penciptanya. Hak ini tidak mengakui perlunya mengakui makhluk yang akan mendistribusikan penghargaan moral dan memberikan hukuman  fungsi ini diambil alih oleh gagasan apurva, atau kekuatan supersensible yang dihasilkan oleh setiap tindakan. Secara teoritis tidak membutuhkan Tuhan, sistem, bagaimanapun, menempatkan sejumlah dewa seperti yang disyaratkan oleh berbagai prosedur ritualistik, tanpa status ontologis yang diberikan kepada para dewa.

 Di antara tradisi non-Hindu,   konsep Jaina tentang orang karena paling dekat dengan konsepsi Hindu, khususnya aliran Bhatta Mimamsa dan Samkhya. Seperti Samkhya, Jaina pada dasarnya bersifat dualistik. Alam semesta dibentuk oleh dua jenis hal: hidup (jiva) dan tidak hidup (ajva) mirip dengan purua anf prakti. Diri dijelaskan di Jaina dari sudut pandang noumenal dan fenomenal. Dari sudut pandang pamungkas atau noumenal, diri atau jiwa itu murni dan sempurna, dicirikan oleh kesadaran murni. Ini adalah zat yang sederhana, tidak berwujud dan tidak berbentuk. Dari sudut pandang fenomenal, jiwa digambarkan sebagai kekuatan hidup (prana) yang dalam hubungannya dengan kekuatan tak hidup diwujudkan dalam berbagai bentuk kehidupan, termasuk pribadi manusia. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline