Lihat ke Halaman Asli

Ayu Lestari

Mahasiswi Universitas Gunadarma.

Di Balik Suksesnya Mahasiswa yang Membuka Usaha Sambil Kuliah

Diperbarui: 26 Juni 2021   11:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jakarta - Mahasiswa yang berumur 19 tahun bernama Dasa Noviyanto yang juga merupakan pemilik Kopi Pancong DSS daerah Tebet ini tetap giat untuk melanjutkan bisnis kecil-kecilannya. Meskipun Dasa sendiri merupakan seorang mahasiswa jurusan Hukum S1 di  Universitas Sahid tetapi, beliau memiliki semangat yang patut ditiru untuk anak muda jaman sekarang ini.

"Bisa berguna untuk orang lain, bisa bermanfaat buat orang lain, sekitar, temen-temen deket atau jauh." ucapnya saat wawancara pada tanggal 27 April 2021, via Gmeet.

Dengan mottonya itu, ia berusaha membangun sebuah usaha yang juga untuk membantu para saudara-saudari nya yang di PHK akibat pandemi. jadi, ia memutuskan membuka lapangan kerja untuk para kerabatnya yang sedang membutuhkan pertolongan. 

Walaupun Dasa sedang ditengah kesibukannya dalam dunia perkuliahan, ia masih bisa mengimbangi waktu antara bisnis dengan pendidikannya, ia membuka Kopi Pancong DSS sekitar 3 Mei 2020 saat ia menduduki semester satu di Universitas Sahid, yang berarti sekarang sudah berjalan satu tahun semenjak dibukanya usaha tersebut. Dengan berpendapatan sehari Rp. 300.000,00 - 500.000,00, ia masih merasa bersyukur karena memang sulitnya perekonomian ditengah pandemi ini. 

Pada awalnya, ia sempat bekerja pada salah satu cafe om nya, karena ia ingin kuliah jadi ia memilih untuk membuka usaha sendiri, dengan bermodal Rp. 100.000.000,00 untuk tempat yang strategis, Dasa juga harus membersihkan tempatnya terlebih dahulu agar bagus dan seminimalis mungkin agar pelanggan nyaman, juga membeli semua kebutuhan tempat usahanya. Dengan semua kesibukannya itu, Dasa tidak pernah mengeluh lelah dengan keadaanya.

"Kalo menurut saya sendiri ya mungkin cape, cuma namanya anak muda ya ga boleh cape terus giat belajar terus belajar dan belajar" ucapnya.

"intinya sih... semua yang ada sekecil apapun untuk kemungkinan, kita harus terus mencoba jangan sampe menyerah, tetap berjuang terus untuk apa yang diinginkan, walaupun banyak beban yang dilewati..." ungkap Dasa saat ditanya tentang tips sukses bagi dirinya sendiri. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline