Lihat ke Halaman Asli

Masih Mau Menghindari Teamwork?

Diperbarui: 6 November 2020   09:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Acara Permutasi antara Himaptika UGJ dan Himatika Unnes (dokpri)

Dari dunia organisasi saya banyak belajar. Pelajaran yang saya peroleh selama ikut berorganisasi di kampus di antaranya adalah kemampuan berkomunikasi, kemampuan menyusun dan mengatur sebuah acara, berani mengemukakan pendapat, bijak dalam mengambil keputusan, membangun relasi yang baik, dan lain sebagainya. Dalam hal berkomunikasi bukan hanya public speaking saya yang terlatih, tetapi juga belajar bagaimana cara berkomunikasi dengan teman sebaya, orang yang lebih tua atau muda, orang yang memiliki kedudukan lebih tinggi, bahkan berkomunikasi dengan masyarakat umum sehingga bisa berbaur dengan mereka dengan mengedepankan sikap saling menghormati dan saling menghargai.

Selain kemampuan-kemampuan yang telah saya sebutkan sebelumnya, hal menarik lainnya yang saya peroleh dalam berorganisasi adalah belajar membangun teamwork atau kerja sama tim.

Istilah teamwork erat kaitannya dengan dunia  kerja terutama di perusahaan. Namun, pengaplikasian teamwork ini tidak hanya berfokus di tempat kerja, melainkan bisa diterapkan pada konteks apapun di kehidupan ini. Mengingat manusia adalah makhluk sosial yang tidak akan pernah bisa terlepas dari interaksi dengan sesamanya, sehingga ada kalanya kerja sama lebih dibutuhkan dibanding kerja sendirian. Meskipun demikian, nyatanya teamwork ini masih banyak dihindari oleh sebagian orang, padahal ada banyak manfaat yang akan diperoleh dari teamwork baik untuk diri sendiri, orang lain, organisasi, ataupun perusahaan.

Berikut beberapa manfaat dari teamwork

  • Memunculkan ide-ide kreatif

Melalui teamwork ide-ide kreatif bisa bermunculan dari setiap anggota dalam tim. Ide-ide tersebut bisa didiskusikan secara bersama-sama hingga tercetuslah suatu ide kreatif yang dianggap paling baik dan bisa membawa keberuntungan bagi tim.

  • Pekerjaan akan terasa lebih ringan

Suatu pekerjaan yang berat jika dilakukan sendirian pasti akan terasa melelahkan karena butuh ekstra kerja dan menguras banyak waktu.  Akan tetapi, jika pekerjaan tersebut dikerjakan secara bersama-sama maka yang berat pun akan terasa lebih ringan.  Dengan begitu, pekerjaan yang berat tersebut dapat diselesaikan tepat waktu, bahkan lebih cepat. Jika setiap anggota dalam tim mau bekerja sesuai dengan yang diharapkan maka pekerjaan yang berat akan menjadi lebih ringan dan tujuan yang telah disepakati  bersama akan cepat tercapai.

  • Lebih cepat menemukan penyelesaian masalah

Apabila terjadi suatu masalah maka dengan teamwork yang baik masalah itu akan lebih cepat terselesaikan. Hal ini karena setiap anggota dalam tim menginginkan masalah yang sedang dihadapinya cepat selesai. Setiap anggota akan saling bekerjasama untuk menemukan penyelesaikan, satu sama lain bisa saling memberi masukan, sehingga munculah suatu penyelesaian yang dianggap paling efektif untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

  • Meningkatkan keterampilan komunikasi

Kegiatan yang berkaitan dengan kerja sama tim membutuhkan suatu keterampilan komunikasi yang bagus, baik secara lisan maupun tulisan. Hal ini menyebabkan setiap anggota tim mau tidak mau harus belajar bagaimana cara berkomunikasi yang baik. Semakin sering bekerja sama, maka semakin banyak pula komunikasi yang terjadi. Dengan begitu, keterampilan komunikasi setiap anggota akan semakin terlatih dan meningkat.

  • Saling menguatkan antar sesama anggota

Manfaat teamwork akan sangat terasa ketika anggota dalam tim sedang mengalami masa-masa sulit. Karena sudah terbiasa bersama, maka ketika ada anggota yang sedang merasa sulit siapun akan ikut merasakannya. Dengan begitu, mereka akan saling mendukung dan saling menguatkan satu sama lain.

Itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari teamwork semoga bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam konteks apapun.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline