Lihat ke Halaman Asli

Asep Ikhwan

Pegiat sosial enterpreneur yang mengelola yayasan pendidikan

Peranan Sosial Media dalam Meningkatkan Promosi Sekolah

Diperbarui: 26 Oktober 2022   20:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menurut laporan We Are Social dan Hootsuite (We Are Social, 2021) disebutkan bahwa 61,8 persen dari total 274,9 juta penduduk di Indonesia adalah pengguna media sosial.Jumlah tepatnya pengguna media sosial di Indonesia adalah 170 juta pengguna, sehingga promosi melalui media sosial merupakan kegiatan pemasaran yang sangat efektif. 

Peluang yang terbuka luas dalam membangun citra sekolah yang" Good looking " di berbagai platform sosial media seperti Facebook,instagram,Youtube,Twitter, Line, Tiktok atau snack video adalah kunci memenangkan persaingan  di era digitalisasi.

Sekolah berlomba-lomba untuk berinovasi dan bertransformasi ke sosial media dalam bidang promosi sekolah. Kemampuan guru dalam menguasai berbagai media digital adalah keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Era industri 4,0 menjelang 5.0 telah membangun kesadaran baru mengenai pola interaksi yang baru dalam mencari informasi , mengolah informasi dan menyerap informasi sebagai bahan untuk membangun Branding Sekolah.

Sekolah sudah saatnya memiliki sekolah maya berupa website sekolah, Akun Sekolah di platform sosial media seperti Facebook, instagram , twitter yang secara kontinyu di maintenance dan diupdate konten informasi nya agar selalu bisa segar dan diikuti oleh warga sekolah yang mem-follow maupun warga non sekolah yang ingin mengetahui informasi tentang sekolah tersebut.

Peranan sosial media dalam meningkatkan promosi sekolah diantaranya :

1.Membangun Citra sekolah dihadapan netizen atau warga dunia maya

2.Pusat informasi virtual yang selalu update dan bisa dilihat setiap saat

3.Pusat interaksi baik tanya jawab maupun usul saran mengenai kondisi sekolah tersebut

4.Kontrol Feedback.umpan balik dalam rangka layanan sekolah kepada seluruh stakeholder

Sekolah bisa berbagi foto kegiatan, video kegiatan atau dokumentasi digital lainnya yang dikemas menarik sehingga dapat meningkatkan rating sekolah di masyarakat luas.

Langkah untuk membangun citra sekolah yang diminati oleh masyarakat luas di berbagai platform sosial media yaitu :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline