Mohon tunggu...
Asep Ikhwan
Asep Ikhwan Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pegiat sosial enterpreneur yang mengelola yayasan pendidikan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Kalau engkau tak mampu menjadi beringin Yang tegak di puncak bukit Jadilah belukar, tetapi belukar yang baik, Yang tumbuh di tepi danau

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peranan Sosial Media dalam Meningkatkan Promosi Sekolah

26 Oktober 2022   20:20 Diperbarui: 26 Oktober 2022   20:31 1788
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menurut laporan We Are Social dan Hootsuite (We Are Social, 2021) disebutkan bahwa 61,8 persen dari total 274,9 juta penduduk di Indonesia adalah pengguna media sosial.Jumlah tepatnya pengguna media sosial di Indonesia adalah 170 juta pengguna, sehingga promosi melalui media sosial merupakan kegiatan pemasaran yang sangat efektif. 

Peluang yang terbuka luas dalam membangun citra sekolah yang" Good looking " di berbagai platform sosial media seperti Facebook,instagram,Youtube,Twitter, Line, Tiktok atau snack video adalah kunci memenangkan persaingan  di era digitalisasi.

Sekolah berlomba-lomba untuk berinovasi dan bertransformasi ke sosial media dalam bidang promosi sekolah. Kemampuan guru dalam menguasai berbagai media digital adalah keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Era industri 4,0 menjelang 5.0 telah membangun kesadaran baru mengenai pola interaksi yang baru dalam mencari informasi , mengolah informasi dan menyerap informasi sebagai bahan untuk membangun Branding Sekolah.

Sekolah sudah saatnya memiliki sekolah maya berupa website sekolah, Akun Sekolah di platform sosial media seperti Facebook, instagram , twitter yang secara kontinyu di maintenance dan diupdate konten informasi nya agar selalu bisa segar dan diikuti oleh warga sekolah yang mem-follow maupun warga non sekolah yang ingin mengetahui informasi tentang sekolah tersebut.

Peranan sosial media dalam meningkatkan promosi sekolah diantaranya :

1.Membangun Citra sekolah dihadapan netizen atau warga dunia maya

2.Pusat informasi virtual yang selalu update dan bisa dilihat setiap saat

3.Pusat interaksi baik tanya jawab maupun usul saran mengenai kondisi sekolah tersebut

4.Kontrol Feedback.umpan balik dalam rangka layanan sekolah kepada seluruh stakeholder

Sekolah bisa berbagi foto kegiatan, video kegiatan atau dokumentasi digital lainnya yang dikemas menarik sehingga dapat meningkatkan rating sekolah di masyarakat luas.

Langkah untuk membangun citra sekolah yang diminati oleh masyarakat luas di berbagai platform sosial media yaitu :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun