Lihat ke Halaman Asli

ARUM NUR FAIZZAH

Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar ,Fakultas Ilmu dan Psikologi ,Universitas Negeri Semarang

Bhakti Akademisi Unnes :Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru melalui Buku Panduan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SD Negeri Wonolopo 03

Diperbarui: 11 Oktober 2025   08:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pada Kelas 2 SD Negeri Wonolopo 03 (Sumber :Dokumen Pribadi)

Semarang ,Bakti Akademisi merupakan salah satu ajang nyata bagi mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) untuk mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah ke dalam kegiatan yang berdampak langsung pada masyarakat, khususnya di lingkungan pendidikan dasar. Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya memahami teori, tetapi juga mampu berkontribusi secara konkret dalam peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.

Dalam kegiatan tersebut, Arum Nur Faizzah, mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNNES, berinisiatif mengembangkan karya inovatif berupa "Modul Pendamping Cara Menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK)". Karya ini merupakan wujud kepedulian terhadap tantangan yang dihadapi guru dalam menyusun PTK secara sistematis dan aplikatif.

Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri Wonolopo 03, yang beralamat di Jl. Sumbersari RT 02 RW 10, Wonolopo, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah. Sekolah ini menjadi mitra penerapan modul karena memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan profesionalisme guru melalui kegiatan penelitian tindakan kelas.

Kegiatan Bakti Akademisi yang dilakukan Arum Nur Faizzah ini juga merupakan bagian dari implementasi kompetensi mahasiswa dalam bidang metodologi penelitian pendidikan, khususnya pada mata kuliah Penelitian Pendidikan SD, yang menekankan pentingnya refleksi dan inovasi pembelajaran di tingkat sekolah dasar.

Guru adalah garda terdepan dalam mewujudkan pembelajaran yang bermakna. Namun, dalam praktiknya, banyak guru masih mengalami kendala dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terutama pada aspek penulisan, pemilihan masalah, dan pelaksanaan refleksi tindakan. Padahal, PTK menjadi sarana penting bagi guru untuk memperbaiki praktik pembelajaran berdasarkan pengalaman nyata di kelas.

Melihat fenomena tersebut, Arum menyusun Modul Pendamping Cara Menyusun PTK sebagai panduan praktis yang membantu guru memahami setiap tahapan PTK secara runtut dan sederhana. Modul ini menjelaskan mulai dari pengertian PTK, karakteristiknya, langkah-langkah pelaksanaan, hingga sistematika penulisan laporan.

Karya ini tidak hanya berisi teori, tetapi juga dilengkapi contoh-contoh nyata dari kegiatan pembelajaran di sekolah dasar. Modul tersebut menjadi pegangan guru untuk menulis dan melaksanakan PTK dengan lebih percaya diri, tanpa merasa terbebani oleh format akademik yang rumit.

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari Kepala SD Negeri Wonolopo 03, Ibu Siwi Suminarni, S.Pd., yang memberikan dukungan penuh terhadap implementasi modul tersebut. Dalam Surat Pengakuan Karya yang diterbitkan sekolah pada 9 Oktober 2025, beliau menyampaikan bahwa karya mahasiswa bernama Arum Nur Faizzah ini sangat membantu guru dalam menyusun PTK secara sistematis untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.

"Modul ini berisi panduan praktis tentang konsep, tahapan, dan sistematika penulisan PTK. Disusun secara sederhana agar mudah dipahami dan diterapkan oleh guru, khususnya di jenjang sekolah dasar," tulis Ibu Siwi dalam surat pengakuannya.

Dukungan tersebut menjadi bukti nyata sinergi antara perguruan tinggi dan sekolah dasar dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. Melalui kegiatan ini, Arum tidak hanya belajar mengaplikasikan ilmu, tetapi juga memberikan kontribusi langsung bagi pengembangan profesionalisme guru.

Modul karya Arum Nur Faizzah ini terdiri atas beberapa bagian penting, yaitu:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline