Lihat ke Halaman Asli

Arif Gunawan

GURU KELAS SDN DARUSSALAM

Koneksi antar Materi Modul 3.3

Diperbarui: 5 Juni 2023   13:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.3

PENGELOLAAN PROGRAM SEKOLAH YANG BERDAMPAK PADA MURID

 

Arif Gunawan, S.Si

CGP Angkatan 7 Kota Tangerang

SDN DARUSSALAM

 

KEGIATAN REFLEKTIF TENTANG PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

Modul 3.3 Pengelolaan program sekolah yang berdampak pada murid merupakan modul terakhir dalam Pendidikan guru penggerak Angkatan 7. Dari paket modul 1 dan 2 sebelumnya, kita telah belajar bahwa murid harus menjadi dasar bagi semua pengambilan keputusan yang kita buat di sekolah. Melalui filosofi dan metafora "menumbuhkan padi", Ki Hajar Dewantara mengingatkan kita bahwa dalam mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada murid, kita harus secara sadar dan terencana membangun ekosistem yang mendukung pembelajaran murid sehingga mampu memekarkan mereka sesuai dengan kodratnya. Dengan demikian, saat kita merancang sebuah program/kegiatan pembelajaran di sekolah, baik itu intrakurikuler, ko-kurikuler, atau ekstrakurikuler, maka murid juga seharusnya menjadi pertimbangan utama. Berikut adalah reflektif saya terhadap program yang berdampak pada murid yang dibahas pada modul 3.3

  • Bagaimana perasaan Anda setelah mempelajari modul ini?

Setelah mempelajari modul 3.3 Pengelolaan program sekolah yang berdampak pada murid, saya mendapatkan banyak hal menarik dan memberi kesan tersendiri pada diri saya, dari modul ini semakin membuat saya menyakini, bahwa program yang di jalankan sekolah harus melibatkan dan memperhatikan suara atau pendapat para murid. Karena pada dasarnya murid memiliki potensi yang dapat digali dengan menampung ide dan gagasan kreatif yang keluar dari suara mereka, Dengan adanya ide dan gagasan tersebut kita dapat mengembangkan aset atau modal yang dimiliki sekolah dalam membuat program-program yang berdampak bagi murid. Sebelum mempelajari modul 3.3, program-program sekolah biasanya hanya dibuat oleh kelompok guru dan kepala sekolah melibatkan stakeholder dan jarang meminta masukan atau suara dari murid itu sendiri dengan adanya modul 3.3 saya belajar untuk mengakomodasi suara murid dalam menyusun program-program sekolah, maka setelah mempelajari modul ini juga saya  berusaha mendengar suara anak untuk dipilih dan dipublikasikan untuk menjadi program kepemilikannya.

  • Apa intisari yang Anda dapatkan dari modul ini?

Pada modul 3.3 tentang pengelolaan program sekolah yang berdampak pada murid ini, Kita semua tentu sepakat bahwa murid-murid kita dapat melakukan lebih dari sekedar menerima instruksi dari guru. Mereka secara alami adalah seorang pengamat, penjelajah, penanya, yang memiliki rasa ingin tahu atau minat terhadap berbagai hal. Lewat rasa ingin tahu serta interaksi dan pengalaman mereka dengan orang lain dan lingkungan sekitarnya, mereka kemudian membangun sendiri pemahaman tentang diri mereka, orang lain, lingkungan sekitar, maupun dunia yang lebih luas. Dengan kata lain, murid-murid   sebenarnya memiliki kemampuan atau kapasitas untuk mengambil bagian atau peranan dalam proses belajar mereka sendiri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline