Lihat ke Halaman Asli

Dukungan AS untuk Palestina Mengalir Deras

Diperbarui: 14 Mei 2021   11:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Palestine Wallpaper. Source: Apk Pure

Idul Fitri menandai berakhirnya bulan suci Ramadhan 1442 H. Muslim di seluruh dunia biasanya melakukan perayaan dalam menyambut hari raya Idul Fitri. Namun berbeda dengan warga Palestina yang ada di AS. Hari raya yang seharusnya disambut dengan suka cita dan liburan ini justru menyedihkan bagi orang Amerika Palestina, Muslim atau lainnya, yang berduka di tengah kekerasan dan penindasan yang terjadi selama bertahun-tahun.

Dikutip dari The Guardians seorang penulis sekaligus pendiri majalah online Muslim Girl mengatakan "Saya tidak merasa seperti liburan untuk kami," ujar Amani al-Khatahtbeh mengatakan kepada Guardian. "Jenis kekejaman yang terjadi ini benar-benar merugikan diaspora kolektif." lanjutnya.

Video maupun foto yang beredar di media sosial menggambarkan situasi yang mencekam menyusul konflik yang semakin parah. Kekerasan selama berhari-hari di Yerusalem dan sekarang Gaza atas lingkungan yang diperebutkan Sheikh Jarrah memicu kecaman internasional, terutama oleh sekelompok anggota parlemen progresif AS yang berbicara menentang militer Israel, menuduhnya menggunakan kekuatan yang berlebihan untuk mencoba dan menggusur orang-orang Palestina dari rumah mereka. 

Pejabat hak asasi manusia PBB juga mendesak Israel untuk berhenti mengusir warga Palestina dari rumah mereka dan mematuhi hukum humaniter internasional yang menyatakan Yerusalem Timur tetap menjadi bagian dari wilayah Palestina.

Sejumlah Aktivis Palestina bereaksi di media sosial mengatakan kecaman publik terhadap Israel ini adalah perubahan seismik dari bahasa sebelumnya yang digunakan oleh politisi Amerika seputar konflik di wilayah tersebut. Sebelumnya Presiden AS Joe Biden telah dikritik oleh kelompok-kelompok dalam partainya sendiri setelah dia membuat pernyataan yang mengatakan dia percaya pada "hak sah Israel untuk membela diri". Pernyataan dari Gedung Putih tersebut gagal untuk mengatasi kekerasan terhadap Palestina.  

Alexandria Ocasio-Cortez mengambil masalah langsung dengan posisi Biden, dengan mengatakan: "Pernyataan selimut seperti ini dengan sedikit konteks atau pengakuan tentang apa yang memicu siklus kekerasan ini - yaitu, pengusiran orang Palestina dan serangan terhadap al-Aqsa merendahkan orang-orang Palestina dan menyiratkan AS  akan melihat ke arah lain pada pelanggaran hak asasi manusia. Itu salah."

Di Twitter, anggota kongres Michigan Rashida Tlaib, yang merupakan keturunan Palestina, memanggil Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, berkata: "Kapan AS akan mengutuk kekerasan rasis terhadap warga Palestina?  Apakah kebijakan Anda untuk mendukung pemukim mencuri rumah Palestina & membakar tanah mereka?  Miliaran pembayar pajak AS $ mendukung pemerintah Netanyahu yang rasis & negara apartheid yang mereka terapkan setiap tahun."

Kritik dari Tlaib dan Demokrat lainnya ditanggapi oleh Blinken, yang mengumumkan bahwa AS mengirim utusan darurat ke Timur Tengah untuk "mendesak ketenangan antara Israel dan Palestina".

Seruan untuk memberikan sanksi terhadap Israel, yang menerima $ 3,8 miliar bantuan dari AS setiap tahun, digaungkan di kubu sayap kiri di Dewan Perwakilan AS di masa lalu yang mencakup Ocasio-Cortez dan Cori Bush.

Anggota Kongres Muslim termasuk Tlaib, Ilhan Omar dan Andr Carson bergabung untuk merilis pernyataan yang mengungkapkan kengerian mereka atas kekerasan di masjid al-Aqsa dan Palestina oleh pasukan Israel dan juga mendesak kekerasan pembalasan oleh Hamas untuk segera diakhiri. Tak hanya itu Tlaib dan Carson juga melakukan protes di luar departemen luar negeri.

Konflik saat ini juga terbukti menjadi masalah utama dalam pemilihan walikota New York City.  Andrew Yang, pelopor balapan saat ini, mundur setelah dia dikecam karena men-tweet dukungannya untuk Israel tanpa menyebutkan kekerasan terhadap Palestina.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline