Lihat ke Halaman Asli

Rambu - rambu UTS Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika , Universitas Ahmad Dahlan - UAD

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Rambu - rambu UTS Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika  , Universitas Ahmad Dahlan - UAD

Supported By : Hidayat Lover Community - HLC Banyumas Indonesia

Sumber :  http://ariefhidayathlc.wordpress.com/2014/04/21/rambu-rambu-uts-metodologi-penelitian-pendidikan-matematika-universitas-ahmad-dahlan-uad/

Kelompok 1

1. Tujuan Penelitian Kependidikan


  • Meningkatkan mutu isi , masukan ,proses , hasil pendidikan dan pembelajaran disekolah .
  • Membantu guru dan tenaga kependidikan lainya mengatasi masalah pembelajaran dan pendidikan di dalam dan di luar kelas .
  • Meningkatkan sikap profesional pendidik dan tenaga kependidikan .
  • Menumbuhkembangkan budaya akademik di lingkungan sekolah dan LPTK , sehingga tercipt sikap proaktif di dalam melakukan perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran secara berkelanjutan (sustainable)
  • Meningkatkan ketrampilan pendidik dan tenaga kependidikan khususnya di sekolah dalam melakukan PBT .
  • Meningkatkan kerjasama profesional diantara pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah dan LPTK


2 . Jenis- jenis Penelitian :


  • Kuantitatif adalah suatu metode penelitian yang menggunakan metode positivistik yang percaya akan kebenaran indrawi yang yakin bahwa semua yang bisa ditangkap dengan indera merupakan bukti kebenaran yang dapat di bentuk dengan angka .
  • Kualitatif adalah rist yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif .
  • PTK adalah suatu bentuk penelitian refleksi diri yang dilakukan oleh partisipan dalam situasi sosial untuk memberikan praktik yang di lakukan sendiri .
  • Eksperimen adalah metode inti dari model penelitian yang ada . Yang melakukan 3 syarat yaitu : Mengontrol , Memanipulai ,dan Observasi .
  • Deskriptif adalah pada penelitian ini , peneliti mengganmbarkan kegiatan penelitian yang dilakukan pada objek tertentu secara jelas dan sistematis .


3. Langkah- langkah menyusun instrumen


  • Mengidentifikasikan variable-variable yang akan di teliti
  • Menjabarkan variabel menjadi indikator-indikator.
  • Menjabarkan indikator menjadi item-item
  • Mendistribusikan setiap butir item kedalam jenis instrumen .
  • Merumuskan butir soal atau pertanyaan maupun pernyataan untuk setiap jenis intrumen .


4 . Skala pengukuran dalam penelitian


  • Skala Nominal
  • Skala Ordinal
  • Skala Interval
  • Skala Rasio

Tugas Kelompok 2 :

1.Arief Hidayat ( 11006152 )

2. Dhias Nurfadhilah (11006159 )

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline