Lihat ke Halaman Asli

Ari Budiyanti

TERVERIFIKASI

Lehrerin

Apakah Buah Hati Anda Merasakan Cinta Anda Padanya?

Diperbarui: 12 Maret 2020   18:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi parenting(Shutterstock)

Apakah buah hati anda merasakan cinta anda padanya?

Sebuah pertanyaan yang patut dijawab oleh setiap orang tua. Saya yakin, secara umum, setiap orang tua pasti mencintai buah hati mereka. 

Berbagai macam cara dipilih untuk menunjukkan cinta orang tua pada anak. Contohnya antara lain adalah dengan memeluk, mencium, membelai, memberi hadiah, menyiapkan bekal sekolah, dan lain sebagainya. 

Orang tua pasti berusaha menunjukan cinta mereka pada anak-anaknya. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan kalau kadang anak-anak sebenarnya tidak mengerti atau tidak merasakan bahwa mereka dicintai oleh orang tua mereka. Apakah anda pernah mengalaminya?

Langkah-langkah ini perlu diperhatikan bersama. Bagian apakah yang hilang sehingga membuat anak-anak tidak merasakan kasih sayang yang ditunjukan orang tua mereka?

Kemungkinannya adalah bahwa para orang tua sebenarnya tidak sungguh-sungguh mengetahui bahasa cinta anak-anak mereka. Pernyataan cinta orang tua seolah tidak disambut oleh anak mereka. Inilah alasan untuk para orang tua perlu lebih menggali pengenalannya akan anak. Menurut Gary Chapman dan Ross Campbell, setidaknya ada lima jenis bahasa cinta anak. Kelima bahasa cinta itu adalah 

1. sentuhan fisik, 

2. kata-kata penegas, 

3. waktu berkualitas, 

4. hadiah, dan 

5. layanan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline