Lihat ke Halaman Asli

Waspada Voyeurisme!

Diperbarui: 26 September 2016   22:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Voyeurisme adalah kegiatan mendapatkan kenikmatan seksual dengan melihat (mengintip) bagian-bagian tubuh lawan jenisnya dan biasanya sasarannya adalah orang orang asing. Voyeurisme bisa jadi merupakan gangguan psikologis, karena hal ini merupakan salah satu bentuk penyimpangan seksual. Kegiatan ini biasanya lebih sering di lakukan oleh laki-laki . Kegiatan yang dilakukan para penyimpang seks yang satu ini biasanya di lakukan ditoilet.Menurut anda apakah hal ini perlu di tanggapi? Tentu saja, karena hal yang di lakukan penderitanya ini merupakan hal maenyimpang yang tentu akan merugikan diri orang lain. 

Tentu kita tidak menginginkan menjadi korban kelainan seks orang lain, oleh karena itulah yang dapat kita lakukan adalah sikap waspada dan antisipasi. Hal yang harus kita lakukan antara lain:

1. Bila pergi ke toilet(toilet umum/toilet yang anda belum ketahui) periksalah keadaan luar di sekitar toilet apakah ada yang mencurigakan mengikuti anda atau tidak. 

2. Ketika berada di dalam toilet periksalah pintu, atap, atau sekat apakah ada yang berlubang atau tidak. Pastikan tidak akan ada yang bisa mengintip atau melihat anda di dalam toilet. 

3. Ketika anda di dalam toilet jangan pernah ragu untuk tetap waspada voyeurisme yang tidak anda duga mengintip atau bahkan meninggalkan kamera. 

4. Jika anda korban voyeurisme segeralah melapor orang di sekitar anda jika anda berada di tempat umum, atau beritahu kerabat anda supaya pelaku penyimpangan dapat di ketahui dan di atasi lebih lanjut. 

Hal seperti ini perlu di perhatikan, Voyeurisme menurut saya bisa dikatakan sebagai penyakit namun juga bisa di katakan sebagai kejahatan karena merugikan orang lain. Oleh karena itulah, kita sendiri yang harus memulai dari sekarang untuk waspada, mengantisipasi dan mengingatkan orang-orang di sekitar anda supaya tidak menjadi 'korban' dari para pelaku penyimpang seksual. #Jurnalistikuinjogja16




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline