Lihat ke Halaman Asli

Andre Lolong

TERVERIFIKASI

Follow me @andre_gemala

Klasifikasi Umum Mobil Penumpang di Indonesia

Diperbarui: 11 Juni 2018   21:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berbagai sumber; olah pribadi

Kendaraan roda empat yang kita sebut dengan "Mobil" diambil dari Bahasa Yunani "Otomobil". Terdiri dari kata "Oto" (Auto) dan "mobil" (Mobile) yang berarti "Bergerak sendiri". 

Mobilitas merupakan kebutuhan penting bagi hampir seluruh kalangan di Indonesia. Masyarakat kini menggunakan Mobil pribadi, Taxi online, angkutan umum dan sebagainya untuk bepergian dan bekerja. Seiring berjalannya waktu dan kemajuan teknologi, dunia otomotif juga terus berkembang. Manusia berlomba-lomba menciptakan mobil yang lebih ramah lingkungan, hemat bahan bakar, lebih ergonomis, lebih user friendly dan sebagainya.

Sesuai dengan kebutuhan manusia, maka Mobil mempunya konfigurasi body, mesin bahkan kelas yang berbeda. Seorang pekerja di tambang memiliki mobil type SUV dengan empat roda penggerak dan mesin V6 bertenaga 300 tenaga kuda, berbeda dengan seorang Mahasiswi yang mengendarai sebuah Hatchback dengan design yang simple, dimensi kecil, berpenggerak roda depan (beberapa jenis mid-sized dan sport berpenggerak roda belakang) dan mesin yang menelurkan cukup 120 tenaga kuda saja namun nyaman dikendarai.

Diatas adalah sedikit dari banyak contoh mobil yang dibedakan berdasarkan fungsi atas kebutuhan sehari-hari pengendaranya. Masyarakat pada umumnya membedakan jenis mobil yang dijumpai sehari-hari; Sedan, Minibus dan Jip ( alias mobil yang tinggi dan bongsor ). Mari kita kenali lebih dekat; jenis dan fungsi dari berbagai Mobil yang berseliweran di Tanah Air.

SEDAN

Sedan diciptakan untuk membawa penumpang dengan barang-barang milik mereka dan melewati jalanan umum. Sedan atau bisa juga disebut Saloon pada dasarnya adalah mobil penumpang dengan tiga pilar ( A, B dan C ) pada kaca depan, sisi samping mobil dan di kaca belakang  yang dimana ketiga pasang pilar ini menyangga atap mobil. 

Serta dilengkapi dengan dua atau empat pintu masuk dan mempunyai  dua baris tempat duduk penumpang dengan kompartemen barang alias bagasi pada bagian belakang. 

Biarpun punya kesan terbatas, namun Sedan tetap populer dan banyak penggemarnya. Dimensi body dan kapasitas mesin pada Sedan biasanya menujukkan kelasnya, mulai dari Entry level hingga High performance. Apakah itu Lower sized, Mid-sized, Upper mid-sized, luxury ataupun Sport.

SUV ( Sport Utility Vehicle )

Istilah SUV belum terlalu banyak dikenal masyrakat kita. SUV lebih dikenal dengan sebutan "Jip". Bahkan SUV legendaris keluaran Mercedes Benz; G-Class pun punya julukan "Jip Mercy".  Sesungguhnya kata "Jip" berasal dari merk SUV terkenal asal Amerika yaitu Jeep.

Jeep sudah ada di Indonesia sejak tahun 1960-an, dan sejak keberadaanya itulah maka mobil-mobil yang berbentuk kurang lebih sama disebut sebagai "Jip". Sementara dari Jepang, SUV yang terkenal hingga sekarang adalah Toyota FJ alias Land Cruiser atau yang lebih terkenal dengan sebutan "Hardtop". Kata Hardtop sendiri merupakan salah satu variant dari beberapa model untuk atap mobil. Toyota FJ di kala itu mempunyai opsi Canvas dan Hardtop. Untuk pengguna yang non militer pada umumnya menggunakan yang typehardtop.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline