Lihat ke Halaman Asli

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Self Awareness

Diperbarui: 30 Juni 2021   08:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Self Awareness | freepik

Self awareness memiliki beberapa definisi menurut para ahli. Yang pertama, menurut Solso (2007) self awareness berarti keasadaran / kesiapan pada setiap peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar dan peristiwa koginitif yang meliputi pikiran, perasaan, fisik, dan memori. 

Baca juga: Penelitian Meningkatkan Self Awareness dengen Cara Self Disclosure

Sedangkan yang kedua adalah pendapat Goleman (1996) yaitu perhatian pada batin seseorang yang merefleksi diri dan pikiran yang melibatkan pengamatan dan penggalian pengalaman, menurutnya hal-hal ini termasuk emosi. 

Melalui definisi diatas kita dapat menyimpulkan bahwa self awareness atau kesadaran diri adalah perhatian pada diri sendiri untuk menggali terhadap apa yang telah dilakukan dan pemahaman tentang lingkungan sekitar.

Baca juga: Self Awareness dalam Upaya Memerangi Covid-19

Fungsi self awareness menurut Solso (2007) adalah konteks-setting. Yaitu, fungsi pendektesian stimuli yang datang pada memori, fungsi adaptasi, fungsi prioritisasi, fungsi rektutmen dan kontrol, fungsi pengambilan keputusan, fungsi deteksi, fungsi monitor diri dan yang terakhir adalah fungsi pengorganisasian.

Baca juga: Kenali Self Awareness dan Dapatkan Keuntungannya!

Manfaat self awareness yang akan dirasakan oleh seseorang adalah ia akan mengerti tentang mengapa ia merasakan apa yang dirasakannya. Pemahaman yang ia dapatakan akan membantunya untuk mengubah hal-hal yang ada pada hisupnya serta membentuk kehidupan yang ia inginkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline