Lihat ke Halaman Asli

Caesar Naibaho

Membaca adalah kegemaran dan Menuliskan kembali dengan gaya bahasa sendiri. Keharusan

Iklan Sirup yang Menampilkan Cerita Rakyat Indonesia, Iklan Paling Disenangi Anak di Rumah

Diperbarui: 6 Mei 2020   16:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Iklan Paling Berkesan di Ramadan ini. sumber: screenshot pribadi

Tidak dapat dipungkiri bahwa imajinasi sangat diperlukan oleh manusia untuk mengembangkan kreativitas dan potensi yang ada pada dirinya. Pengertian imajinasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu sebagai daya pikir untuk membayangkan (dalam angan-angan) atau menciptakan gambar (lukisan, karangan, dan sebagainya) kejadian berdasarkan kenyataan atau pengalaman seseorang; atau dapat juga diartikan sebagai khayalan.

Menurut kemampuannya dalam menciptakan sesuatu, imajinasi dikelompokkan dalam dua bagian, pertama Imajinasi Sintetik, dimana imajinasi itu tercipta karena adanya gagasan-gagasan atau ide-ide yang telah muncul sebelumnya. Imajinasi ini merupakan inovasi dari hasil pengalaman, pendidikan, dan penelitian yang dapat mempengaruhi imajinasi tersebut. Biasanya digunakan oleh para ahli dalam menciptakan sesuatu.

Kedua, Imajinasi Inovatif, yaitu imajinasi seseorang yang mempunyai kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang belum pernah ada dengan mengoptimalkan kecerdasannya tanpa terbatas. Imajinasi yang inovatif bekerja secara otomatis dan terkadang dapat menjadi penyebab terjadinya hubungan kontak antara manusia yang satu dengan lainnya terhadap alam bawah sadar.

Nah, berangkat dari hasil imajinasi inilah kita akan dapat dibuat mata terbelalak atau mulut setengah terbuka ketika tidak sengaja melihat atau menonton tayangan iklan yang berseliweran tiba-tiba ketika kita asyik menonton acara kesayangan di layar televisi.

Tidak dapat dimungkiri bahwa iklan-iklan kreatif hasil dari imajinasi yang dituangkan dan ditayangkan telah mampu mengubah alam sadar kita untuk menggunakan produk-produk yang diiklankan agar setidaknya mampu menampilkan atau menjadi seperti yang diinginkan atau mendapatkan hasil seperti yang diiklan tersebut. Dalam istilah yang gampang di mengerti, bahwa iklan itu bertujuan agar kita terbujuk atau terdorong dan tertarik untuk menggunakan produk jasa atau benda yang ditawarkan, sehingga iklan itu harus kreatif dan penuh imajinasi seperti yang saya terangkan di atas.

Hasil iklan dari kreasi Imajinasi Sintetik setidaknya telah mampu membuat masyarakat Tanah Air tergiur dan tergoda untuk menggunakan produk yang ditawarkan dalam iklan tersebut.

Sebab, sejatinya Iklan adalah salah satu alat yang paling umum digunakan oleh perorangan ataupun perusahaan untuk mengarahkan komunikasi persuasif kepada pembeli atau masyarakat sasaran.

Begitupun di saat Bulan Puasa Ramadan seperti sekarang ini, perang iklan sangat penting dalam memasarkan produk-produknya agar daya beli masyarakat meningkat terhadap produk-produk yang diiklankan sehingga laris manis di pasaran.

Lomba imajinasi dan kreativitas iklan kita lihat bermunculan di layar televisi untuk mengenalkan produk, walaupun produk tersebut sudah terkenal dan terbiasa kita gunakan dalam menyambut bulan Ramadan seperti sekarang ini.

Tetapi setiap tahun kreativitas dan imajinasi baru ditampilkan dalam iklan tersebut sehingga semakin menarik perhatian membuat kita kagum akan ide cerita yang tampilkan.

Anak-anak di rumah dan saya pribadi terkesan dengan iklan bertema Ramadan yang selalu ditampilkan oleh salah satu produk sirup terkenal Tanah Air.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline