Lihat ke Halaman Asli

Damiri

www.damiriweb.com

Filosofi Tentang Roh

Diperbarui: 7 April 2016   19:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sejauh yang dicapai oleh akal manusia tidaklah mampu menghakekatkan tentang roh. Roh itu urusan Tuhan dan jangan dipertanyakan, kecuali bentuk-bentuk yang berkaitan dengan roh, seperti hidup dapat bergerak, merasakan sakit, dan lain-lain akan tetapi kalau menjelaskan secara inti tidak mampu. Kita hanya berjalan ke sana secara filosofis yang nantinya memperoleh pengetahuan tentang roh, namun yang paling hakekatnya hanya dalam Kekuasaan Tuhan. 

Misal, sulitnya kita mendefinisikan dimana letak titik arah timur, ini tidak bisa, tapi kalau membahas ke arah sana bahwa arah timur itu disitu; sampai disini otak manusia mampu merangkai dengan berbagai argumen secara ilmiah, bersifat filsafat, bersifat argamis, bersifat spiritual, aliran kepercayaan, bahwa itulah arah timur.

Demikian juga mengenai roh. Dicoba memaparkan berbagai argumen tadi dari zaman dahulu, kalangan filosof, kalangan agama, kepercayaan atau yang bersifat spiritualisme. Abu Bakar r.a pun nenti menyumbangkan pemikirannya. Socrates, Aristoteles, Descrates, dan lain-lain. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline