Lihat ke Halaman Asli

Encang Zaenal Muarif

Guru, Penulis Lepas, Youtuber, Petani, Pebisnis Tanaman

Cara Efektif Bersedekah di Bulan Ramadan

Diperbarui: 18 Maret 2024   23:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi. Sumber : pixabay.com

Semoga ulasan cara efektif bersedekah di bulan Ramadhan ini bermanfaat untuk Anda. Sebetulnya, tidak ada batasan dan aturan mengikat dalam cara melakukan sedekah yang efektif. 

Sedekah adalah memberikan sesuatu yang kita miliki, baik berupa harta maupun benda, kepada orang yang membutuhkan dengan didasari ikhlas karena Allah SWT. 

Tidak hanya sedekah kepada manusia, sedekah kepada sesama mahluk ciptaan Allah SWT pun memiliki keutamaan dan pahala yang luar biasa. 

Memberi makanan kepada kucing, burung, ayam, dan hewan peliharaan lainnya, jika kita niatkan sebagai sedekah, Allah akan menghitungnya sebagai amal kebaikan yang akan kita tuai di akhirat kelak. Bahkan di dunia pun, Allah akan tunjukkan balasan bagi orang yang gemar bersedekah. 

Islam adalah agama yang sangat indah. Memberikan senyuman kepada orang lain pun dikategorikan sebagai ibadah sedekah. Memberi rating dan komentar artikel di Kompasiana pun merupakan sedekah, he.

Bulan Ramadhan ini, mumpung pahalanya berlipat ganda, mari perbanyak menunjukkan senyum ramah  kita pada orang lain. Tapi jangan sampai sebyum-senyum sendiri yaa, nanti dikira caleg gagal, he-he. 

Begitu banyak cara bersedekah di bulan suci Ramadhan ini, misalnya dengan memberikan makanan takjil di mesjid, memberikan minuman bagi para pengendara yang melintas di jalanan, mengajak berbuka bersama anak-anak yatim dan dhuafa, mentraktir kerabat dan  tetangga untuk bukber di rumah makan, dan banyak cara lainnya. 

Tidak hanya saat berbuka saja kita bisa bersedekah. Setelah sahur atau di waktu subuh, pahala bersedekah dan keberkahannya sungguh tiada terkira, karena di waktu subuh, malaikat turun ke bumi untuk mendoakan orang-orang yang bersedekah. 

Sedekah terbaik yang diberikan di bulan suci ini adalah makanan pokok berupa beras, minyak, telur, sirup, dan lain sebagainya yang sekiranya bisa dikonsumsi untuk berbuka puasa dan sahur. 

Oh iya, di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini pun, kita  bisa membuka lemari pakaian, kemudian memilih pakaian mana yang sudah tidak terpakai oleh kita karena terlalu longgar atau sebaliknya, pakaian yang tidak terpakai karena terlalu kecil. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline