Lihat ke Halaman Asli

Irene Kusuma

Isaiah 55 : 8-9

Katanya Terpelajar, tapi Hobinya Nyampah di Bioskop

Diperbarui: 6 September 2019   19:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

source: dribbble.com

Katanya terpelajar,

Katanya berpendidikan,

Katanya cinta lingkungan,

Iya, katanya. Pada kenyataannya tidak seperti itu. Bahkan bisa dibilang jauh dari kata katanya. Mereka -- para mahasiswa yang ngakunya maha ternyata tidak begitu mencerminkan ke-maha-annya, bahkan dalam hal kecil sekalipun. Berlagak bertingkah seolah menerapkan budaya barat -- yang bahkan orang barat pun tidak melakukan hal tersebut.

Para siswa yang maha ini rupanya rela menyisihkan beberapa puluh ribu uang makan sehari-harinya demi untuk menonton tayangan film yang lagi beredar di bioskop, tak cukup sekali bahkan -- hanya untuk terlihat tidak "tertinggal". Belum lagi kalau bulan itu sedang banyak tayangan yang paling ditunggu-tunggu, habis sudah uang bulanan. 

Siap-siap konsumsi mi instan. Tak lupa juga perannya sebagai generasi milenial, yaitu memposting di insta story dong ya -- menunjukkan tiket bioskop dengan latar belakang suasana di bioskop tersebut. Pencitraan dulu ceritanya, dengan harapan warganet mengetahui aktivitas yang sedang dilakukannya.

Tak hanya itu, mereka bahkan tak segan-segan menunjukkan kecintaannya terhadap lingkungan dengan membawa stainless straw-nya sendiri dong. Ikut gerakan anti plastik dengan tidak menggunakan sedotan plastik, katanya. Eits, tapi tunggu dulu. Pencitraan lagi dong -- harus di foto dulu se-estetik mungkin terus diposting lagi di insta story, terus ditambah pakai tanda pagar #antiplastic #plasticfree atau apapun yang serupa.

Beberapa kali atau bahkan setiap kali saya pergi nonton di beberapa bioskop yang ada di Yogyakarta, bioskop manapun itu -- mulai dari Cinemaxx, CGV, ataupun XXI akan selalu ada saja para siswa yang maha ini yang ngakunya cinta lingkungan ataupun anti plastik, tapi tetap saja membuang sampah sembarangan - ehm, maksudnya meninggalkan sampah pada tempatnya. Iya, di tempat duduknya.

"Ya biarin, orang gue bayar kok"

"Kan biar cleaning service ada kerjaannya"

"Kan cleaning service dibayar buat bersih-bersih dong"

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline