Mohon tunggu...
Ammar FawwazHandoyo
Ammar FawwazHandoyo Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa biasa

hanya seoarang mahasiswa yang berusaha untuk saling berbagi

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Sosialisasi Kelelahan Kerja di Rumah Jamur: Sebagai Upaya Pencegahan Terjadinya Kelelahan Kerja

30 November 2021   17:07 Diperbarui: 30 November 2021   20:35 57 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Desa Banyumeneng (20/11/2021) -- Kelelahan kerja atau fatigue merupakan kondisi dimana fisik ataupun mental mengalami penurunan fungsi sehingga mengakibatkan efektivitas dan efisiensi kerja menurun. Kelelahan kerja dapat terjadi pada siapa saja. Tidak hanya pada pekerja yang melakukan pekerjaan fisik atau berat, namun juga dapat terjadi pada pekerja kantoran atau bahkan dapat terjadi pada pekerja sektor UMKM. Kelelahan kerja dapat diakibatkan oleh beban kerja yang terlalu berat, lingkungan kerja yang kurang mendukung, iklim kerja panas, stress, konflik kerja, dan lain sebagainya.

Rumah Jamur merupakan salah satu usaha yang baru berdiri di tengah pandemi ini. Rumah Jamur berlokasi di Desa Banyumeneng, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. Hingga saat ini, Rumah Jamur telah berusia 2 bulan sejak tanggal diresmikannya. Rumah Jamur kini dijaga oleh satu orang saja, yang juga sekaligus mengelola warung soto. 

Melihat hal seperti itu, Tim Program Holistik Pembinaan dan Pengembangan Desa (PHP2D) BEM FKM Undip, berinisiatif untuk memberikan informasi dan juga pencerdasan kepada penjaga Rumah Jamur. Tujuannya adalah, agar penjaga Rumah Jamur mengetahui apa saja yang menandakan seseorang mengalami kelelahan kerja dan bagaimana cara mengatasi dan mencegahnya.

Sosialisasi dilakukan menggunakan poster yang berisikan definisi dari kelelahan kerja, gejala, serta cara pencegahannya. Berikut adalah gambaran dari poster terkait:

Sumber: Dokumen Pribadi
Sumber: Dokumen Pribadi

Harapannya, setelah dilakukan sosialisasi tersebut, penjaga Rumah Jamur dapat lebih mengenal lagi apa itu kelelahan kerja atau fatigue, gejala yang timbul serta bagaimana cara mencegahnya.

Penulis: Ammar Fawwaz Handoyo (25000118130174), Mahasiswa Peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan