Mohon tunggu...
Amirsyah Oke
Amirsyah Oke Mohon Tunggu... Hobi Nulis

Pemerhati Keuangan negara. Artikel saya adalah pemikiran & pendapat pribadi.

Selanjutnya

Tutup

Sehatdangaya Pilihan

Merasakan Manfaat Kolaborasi Perbankan dengan Fintech

6 Juni 2019   07:46 Diperbarui: 6 Juni 2019   07:50 0 2 0 Mohon Tunggu...
Merasakan Manfaat Kolaborasi Perbankan dengan Fintech
Kolaborasi Perbankan dan Fintech (Kompas.com)

Bagi kalangan perbankan kreatif, inovatif dan mampu menangkap peluang, industri fintech bukanlah saingan apalagi musuh yang harus dikalahkan. Malah sebaliknya, perbankan akan mencari cara untuk bekerjasama, berkolaborasi, bersinergi dengan usaha fintech. Tentu saja yang akan diuntungkan adalah masyarakat baik nasabah ataupun bukan nasabah.

Beberapa hari lalu, saya merasakan begitu bermanfaatnya kolaborasi antara Bank dengan Fintech. Saat itu di Stasiun Juanda Pasar Baru Jakarta sehabis belanja melaksanakan perintah dari sang Boss yakni Isteri saya. Rupanya istri yang tahu saya akan berada di Stasiun Juanda, sekalian minta dibelikan makanan favoritnya.

Tangan kiri memegang kantung belanjaan yang besar dan berat. Tangan kiri memegang kantung yang lebih kecil dan agak ringan. Ponsel di kantong baju. Saat hendak membayar, tentu saja akan ribet jika harus mengambil uang di kantong dan mengambil/menghitung uang lalu menyerahkan ke kasir. Juga sama ribetnya jika harus mengambil dompet di kantong belakang celana untuk mengambil kartu debit, kredit atau kartu non tunai.

Di meja kasir ada banner promo bertuliskan "Bayar Pakai Gopay Dapat CashBack". Bah! Ini menarik. Kebetulan saya belum pernah bertransaksi di merchant dengan membayar pakai Gopay. Saya pun penasaran dan berniat mencobanya.

Tangan kanan saya tanpa kesulitan bisa segera meraih ponsel di saku baju dan langsung membuka aplikasi gojek. "Saya bayar pakai Gopay ya. Tolong diajarin ya Mbak!" Tanpa ragu dan malu saya minta tolong pada kasir. "Saldo Gopaynya ada Pak? Cukup?" Tanya kasir tanpa merasa risih.

"Huahahaha..." Saya tertawa dalam hati merasa lucu. Mbak kasir mungkin mengira saldo Gopay saya gak cukup untuk membayar sejumlah ratusan ribu. Apa Mbak ini belum tahu kalo isi Gopay sekarang sangat mudah, apalagi jika punya rekening Bank BCA. Cukup satu tangan dan gerakkan jari-jari maka bisa Top Up Saldo Gopay dari rekening BCA.

Kini aplikasi Gojek sudah terhubung dengan Bank BCA. Tinggal masukin nomor kartu debit dan nomor ponsel untuk konfirmasi OTP, maka Saldo Gopay pun langsung terisi atau bertambah hingga jutaan rupiah. Semua sudah #DibikinSimpel dan #AntiRibet untuk kemudahan, kenyamanan, kecepatan dan keamanan bertransaksi dimana saja dan kapan saja.

Si Mbak Kasir memberikan print out kode QR untuk saya scan pembayaran menggunakan kamera ponsel. Hanya beberapa detik saja, pembayaran berhasil dan sukses. Dan tidak berapa lama, terdengar adzan magrib tanda berbuka puasa telah tiba. Saya segera duduk dan berbuka puasa tepat waktu karena transaksi yang berlangsung dengan cepat.  

Kolaborasi BCA dengan Gojek. Memudahkan masyarakat dalam bertransaksi. (dokpri)
Kolaborasi BCA dengan Gojek. Memudahkan masyarakat dalam bertransaksi. (dokpri)

---

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x