Mohon tunggu...
Amiroh Amei Liana.A
Amiroh Amei Liana.A Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

mahasiswa universitas pancasila

Selanjutnya

Tutup

Trip

Catatan Perjalanan Saung Eling

20 September 2022   20:52 Diperbarui: 20 September 2022   21:05 70 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Halo, perkenalkan nama saya Amiroh Amei Liana.A. Saya mahasiswi Universitas Pancasila Fakultas Pariwisata, disini saya ingin menceritakan tentang perjalanan saya selama di Saung Eling.

Perjalanan yang paling berkesan menurut saya adalah ketika saya berkunjung ke Saung Eling bersama teman -- teman,yang dimana saung eling terletak di Jalan Lembur Sawah,Rt.02/03,Mulyaharja,Kecamatan Bogor Selatan,Kota Bogor, saya pergi ke saung eling selama 2 hari 1 malam,untuk menuju ke lokasi tersebut kita naik kereta bogor,sesampai kita di saung eling kita disambut dengan suasana pedesaan yang sangat kental dan sesampai disana kita disajika welcome drink yang berisi minuman khas desa lembur sawah yaitu air pala yang rasanya sangat asam sekali tetapi sangat enak dan memiliki kasiat yang sangat bagus untuk tubuh,yang dimana biasanya yang kita tau klau buah pala yang biasanya biji dipakai untuk bahan untuk memasak tetapi daging nya dapat dimanfaatkan menjadi minuman yang asam yang dimana dipadukan dengan air kelapa. Tidak hanya itu saja disana kita dapat bersosialisasi dengan masyarakat setempat dan mempelajari kebudayaan yang ada di desa lembur sawah, seperti kita dapat mengetahui beberapa situs yang ada disana contohnya seperti " situs kabayan".

Kita juga   dapat belajar cara memainkan alat musik tradisional khas jawa barat yaitu " kecapi" ,dan mendengarkan sebuah pupuh sunda yang menceritakan tentang sejarah kerajaan di pulau jawa. Tidak hanya itu saja disana kita juga dapat melihat pemandangan pegunungan yang sangat indah, dapat bermain di sekitar sungai yang airnya sangat jernih sekali,disana juga kita dapat belajar tentang tanaman obat,dapat melihat cara pembuatan dodol yang dilakukan oleh warga setempat. 

Dan selama kita disana kita tinggal di home stay yang dimana kita dapat berinteraksi dengan warga setempat atau tidak dengan pemilik home stay itu sendiri yang dimana selain bertani dan pembuat dodol, warga setempat juga bekerja sebagai pengrajin sendal dan kita dapat juga mencoba cara pembuatannya dan disana juga kita bisa mencoba bagaimana rasanya membajak sawah secara langsung. Selama kita berada di home stay juga kita disuguhkan dengan banyak makanan oleh pemilik home stay tersebut yang dimana kita lupa kalau kita sedang berlibur dan menginap dirumah orang.

Disana juga kita dapat belajar cara pembuatan pupuk kompos yang dimana warga setempat menggunakan pupuknya dari buatan mereka sendiri yang tidak mengandung zat kimia,pada saat jam makan siang juga kita disuguhkan makanan yaitu tape singkong yang dibakar yang dilumuri gula merah dan ditaburi kacang tanah yang sudah di goreng yang ditemani dengan pemandangan alam yang sangat indah.selama kita berkunjung ke desa lembur sawah kita mendapatkan ilmu baru,mengetahui tradisi warga setempat,dapat mencicipi makanan khas desa tersebut,mencicipi dodol buatan warga sekitar,dan warga desa lembur sawah sangat ramah sekali kepada para pengunjung mereka juga masih menganut atau mempercai tradisi nenek moyang mereka.

dan saung eling merupakan swadaya dari warga desa lembur sawah.saung eling juga memiliki wahana selfie perahu di ujung tebing yang menghadap ke lembah ke kebun -- kebun dan pepohonan,tempat ini juga sangat pas untuk para pengunjung yang meiliki hobi gemar dalam berfoto dan mengabadikan setiap momen dan juga pemandangan -- pemandangan setempat yang sangat indah.Selain berfoto dengan pemandangan pedesaan kalian juga dapat menikmati berbagai jenis makanan sunda seperti,jipang,ubi atau hui boled,rangginang,dodol,dan masih banyak lagi. 

Tidak hanya makanannya saja di saung eling kita juga dapat menikmati minuman yang disajikan secara tradisional yakni minuman bandrek dengan cara menggunakan kendi.di saung eling juga kalian dapat bermain di sawah atau sungai dengan mengikuti program trip kampung di kaki Gunung Salak yang ada di saung eling,kita juga diajak untuk menyusuri pematang sawah,bermain di tepi sungai Ci Gading,atau menjemput matahari terbit di awas paninggal yang dimana kita dapat menikmati sensasi yang ditawarkan oleh saung eling.

Disana kita akan mengenal berbagai jenis ekosistem mulai dari tumbuh -- tumbuhan maupun hewan -- hewan yang dimana kita selama melakukan program trip kampung di kaki Gunung Salak kita juga dipandu oleh pemandu lokal.tidak hanya itu saja saung eling juga dapat digunakan untuk kumpul keluarga,acara arisan keluarga karena di saung eling memiliki tempat seperti rumah yang terbuat dari bambu yang dimana bambu itu sendiri didapatkan dari kebun -- kebun atau pegunungan yang berada didekat saung eling itu sendiri,saung eling juga mengajak para pengunjung untuk memainkan permainan tradisional adat sunda seperti, permainan damdas dan juga congklak.

Di saung eling juga kita booking tempat seperti Home Stay jika kita ingin bermalam disana,tiket masuk saung eling sangat murah yaitu Rp.10.000 disana kita sudah dapat menikmati semua fasilitas yang sudah disediakan. Kita juga dapat menikmati keindahan gunung salak dari saung eling yang dimana saung eling terletak di ketinggian 450 meter diatas permukaan laut. 

Saung eling juga dibangun dengan arsitektur sunda,yang rata -- rata bangunan di saung eling terbuat dari bambu dan memiliki udara yang sangat sejuk pada saat malam hari. Pada malam hari juga kita melakukan relaksasi dengan alam yang sangat sejuk dan dapat melupakan sejenak semua permasalahan pada diri kita. Kita juga mempelajari kebudayaan desa lembur sawah seperti cara memanen padi,ataupun cara untuk mengambil beras di gudang beras.

Pada keesokan paginya saya dan teman -- teman saya menyusuri sungai dengan melewati berbagai jalan pegunungan yang berbatu dan juga melewati perkebunan warga,jika pada saat musim hujan jalan pegunungan menjadi lembab dan lincin jadi jika ingin menyusuri sungai pada saat hujan harus ekstra berhati -- hati. Selama kita menuju ke sungai kita dapat mengetahui berbagai tumbuhan obat -- obatan yang dimana warga setempat masih menggunakannya disaat sakit dengan cara yang tradisional, dan kita juga tahu bahwa jenis -- jenis bambu sangat beragam dan memiliki kegunaanya masing -- masing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan