Mohon tunggu...
amira ramadhanti
amira ramadhanti Mohon Tunggu... mahasiswa

mahasiswa bisnis

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Ide Bisnis Baju Muslim Dua Sisi

30 Mei 2019   01:24 Diperbarui: 30 Mei 2019   02:19 383 0 0 Mohon Tunggu...

BAB I PENDAHULUAN

Bisnis yang akan saya kembangkan adalah baju muslim model kaftan yang memiliki warna berbeda untuk masing masing sisinya sehingga dapat digunakan bolak-balik dengan warna yang berbeda. Produk ini berguna bagi kaum wanita yang menyukai dua warna sekaligus dalam suatu model pakaian, sehingga tidak perlu membeli dua produk. Dalam hal ini, produk tersebut  adalah baju muslim yang identik digunakan pada saat lebaran, ketika buka puasa bersama, maupun digunakan sehari-hari bagi yang menggunakan hijab.

Bisnis pakaian di Indonesia kini memiliki peluang besar, tercermin dari menjamurnya penjualan pakaian di social media seperti Instagram dan Facebook, Selain itu, kini di kalangan anak muda maupun orang tua sedang banyak yang melakukan 'hijrah' atau mulai menggunakan hijab, sehingga fenomena ini membuka peluang bagi bisnis fashion di bidang pakaian muslim untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang tersebut.

Namun, berkembang pesatnya bisnis pakaian di social media selain menjadi peluang juga dapat menjadi ancaman sebab semua pengusaha pakaian pada platform tersebut juga berusaha meraih sebesar-besarnya pangsa pasar yang ada.

BAB II BUSINESS MODEL CANVAS

A.Customer Segments

Target konsumen bisnis pakaian ini adalah perempuan muslim yang menggunakan ketika Idul Fitri dan Idul Adha, maupun perempuan muslim berhijab yang menggunakan baju muslim untuk sehari-hari. Sehingga segmen konsumen yang diambil adalah mass market yaitu sekelompok pelanggan besar yang memiliki kebutuhan atau keinginan yang sama. Dari segi usia, kelompok pelanggan yang dituju adalah perempuan dewasa dengan umur 18 sampai 35 tahun. Serta kelompok pelanggan menyukai pakaian yang simpel namun elegan.

B. Value Propositions

Perbedaan baju muslim ini dengan yang lainnya adalah dari segi bahan yang halus dan tidak tembus pandang serta terdiri dari dua warna yang berbeda sehingga dapat dibolak-balik kedua sisinya. Keunggulan produk ini membuat pelanggan tidak perlu membeli dua baju muslim untuk dua hari lebaran. Alternatif lainnya adalah pelanggan dapat menggunakan baju yang sama pada Idul Fitri dan Idul Adha, namun dengan warna yang berbeda dalam 1 produk.

Value proposition yang diusung adalah sebagai berikut:

- Simplicity

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x