Mohon tunggu...
Amirah TsabitahZain
Amirah TsabitahZain Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa yang tertarik dengan dunia kesehatan dan entertainment

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Program Bakmie: Bersama Basmi Jentik Nyamuk Aedes sebagai Langkah Pencegahan Dengue di SDN Senen 03 Pagi

7 Desember 2022   14:10 Diperbarui: 7 Desember 2022   14:18 151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Semarang (UNNES) melakukan kegiatan dari program PKL MBKM SKM Penggerak yang mana merupakan program MBKM yang dikembangkan oleh UNNES dalam bentuk kegiatan praktik kerja lapangan melalui pendekatan institusi, kelurahan, dan sekolah dengan karakteristik proses pembelajaran yang bersifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, dan kolaboratif. 

Kegiatan PKL SKM Penggerak dengan program BAKMIE (Bersama Basmi Jentik Nyamuk Aedes) di lokus sekolah dilaksanakan di SDN Senen 03 Pagi mulai dari tanggal 8 September 2022 sampai dengan 23 September 2022. SDN Senen 03 Pagi dipilih sebagai lokasi pelaksanaan program BAKMIE dikarenakan masih tingginya angka infeksi Dengue di Kota Administrasi Jakarta Pusat. 

Selain itu, karena sekolah merupakan tempat yang berpotensi sebagai tempat penularan infeksi Dengue dan anak-anak banyak menghabiskan waktu di sekolah dimana jam sekolah merupakan waktu dimana nyamuk Aedes aktif beraktivitas dan menggigit.

Sosialisasi di SDN Senen 03 Pagi. Dokpri
Sosialisasi di SDN Senen 03 Pagi. Dokpri

Program BAKMIE di SDN Senen 03 Pagi terdiri dari rangkaian kegiatan sosialisasi, pembinaan jumantik, dan lokakarya ovitrap kreatif. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada hari Kamis, 8 September 2022 dengan target siswa kelas 3, 4, dan 5 SD. Kegiatan sosialisasi menjelaskan mengenai infeksi Dengue, nyamuk vektor Dengue, dan berbagai cara pencegahannya menggunakan media berupa PowerPoint dan video.

 Kegiatan menggunakan komunikasi dua arah dengan membuka kuis interaktif dan memberikan hadiah bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan kuisnya. Selain melakukan sosialisasi, Tim PKL SKM Penggerak UNNES juga memberikan form checklist PHBS kepada siswa dengan tujuan untuk pembiasaan perilaku PHBS di rumah dan juga di sekolah. Selama kegiatan berlangsung, seluruh siswa terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi.

Pembinaan Jumantik Anak Sekolah. Dokpri
Pembinaan Jumantik Anak Sekolah. Dokpri

Pemantauan Jentik di Lingkungan Sekolah. Dokpri
Pemantauan Jentik di Lingkungan Sekolah. Dokpri

Pada minggu berikutnya, di tanggal 15 September 2022, Tim PKL SKM Penggerak UNNES melaksanakan kegiatan pembinaan jumantik. Media yang digunakan dalam kegiatan pembinaan jumantik ini adalah poster, buku panduan jumantik, dan buku panduan PHBS. Pembinaan jumantik dimulai dengan memberikan penjelasan mengenai cara pemantauan jentik dan pelaporan yang baik dan benar dan kemudian diikuti dengan praktik pemantauan jentik secara langsung.

Lokakarya Ovitrap Kreatif. Dokpri
Lokakarya Ovitrap Kreatif. Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun