Mohon tunggu...
Aminuddin Malewa
Aminuddin Malewa Mohon Tunggu... Freelancer - Mencoba jelajah budaya dan menelusuri narası

Penikmat narasi

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

NTB=Nusa Tempatnya Balap

7 Februari 2022   13:25 Diperbarui: 7 Februari 2022   17:30 764 11 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pebalap tim Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu (kiri) melaju paling depan saat balapan pertama (race 1) WSBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). Toprak Razgatlioglu berhasil menjadi juara dunia WSBK 2021. Foto: Antara Foto/Andika Wahyu via Kompas.com

Gaung balap motor sedang berhembus kencang di Nusa Tenggara Barat. Setelah perhelatan World Super Bike (WSBK) akhir tahun 2021 silam di Sirkuit Mandalika, saat ini warga provinsi di bagian timur Indonesia ini sedang bersiap menatap event balap motor dengan gengsi lebih tinggi yaitu MotoGP Mandalika yang dijadwalkan di Bulan Februari 2022 ini di sirkuit yang sama.

Dan di penghujung tahun 2022 kelak, kembali World Super Bike akan digelar di sirkuit yang sama tepatnya pada bulan November sebagaimana dikutip dari laman gridoto.com.

Tiga event balap internasional dalam satu tahun tentu sesuatu yang luarbiasa apalagi digelar di Indonesia Timur.

Sudah cukup?

Ternyata ada lagi event yang sedang disiapkan, masih terkait dengan otomotif. Event tersebut adalah balap motocross yaitu MXGP sebagaimana ditampilkan dalam jadwal resmi yang dikeluarkan oleh INFRONT MOTO RACING selaku penyelenggara. Dalam jadwal tersebut tercantum 2 (dua) seri akan diselenggarakan di Indonesia yaitu 26 Juni MXGP of Indonesia di SAMOTA dan 03 Juli MXGP of Jakarta.

Jakarta semua orang sudah tahu, tapi SAMOTA?

Anda tidak akan menemukan nama SAMOTA sebagai nama geografis di peta karena nama tersebut merupakan akronim dar Teluk Saleh, Pulau Moyo dan Gunung Tambora. SAMOTA adalah singkatan dari SALEH, MOYO dan TAMBORA.

Kalau Tambora dunia sudah mengenalnya lewat letusan dahsyatnya di tahun 1815, Pulau Moyo mungkin publik tidak banyak yang tahu bahwa ini merupakan sebuah pulau yang menjadi destinasi pariwisata eksklusif yang pernah dikunjungi Putri Diana, Maria Sharapova dan beberapa pesohor mancanegara lainya. 

Kedua obyek tersebut. Moyo dan Tambora, dihubungkan oleh sebuah teluk yang juga menjadi habitat hiu paus (whale shark) yaitu Teluk Saleh dan pertemuan The 31st Session of The Man and The Biosphere (MAB) Programme International Coordinating Council di Paris, Prancis, Rabu, 19 Juni 2019 menetapkan SAMOTA sebagai Cagar Biosfir Dunia.

Apa hubungannya semua itu dengan balap?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan