Jumat, 18 September 2020 - Dalam rangka Meningkatkan Kompetensi Pendidik PAUD dalam Mengelola Kegiatan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan Seminar Online pada pukul 08.00-12.00 WIB.Â
Ada dua sesi materi yang dipaparkan pada hari itu. Materi sesi pertama adalah Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di Masa Pandemi, di sampaikan oleh Dra. Yasmin Faradiba, M. Pd, sedangkan materi sesi ke dua adalah Implementasi Model Pembelajaran Sains berbasis Konsep dengan Pendekatan EDI Learning yang disampaikan oleh Dr. R. Sri Martini Meilani, M.Pd.
Pandemi  Covid-19 yang melanda seluruh dunia di tahun 2020 ini, memaksa kita sebagai pendidik anak usia dini untuk tetap dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring.Â
Hal ini pastinya membutuhkan cara-cara baru dan penyesuaian agar kegiatan dapat terlaksana dengan baik. Dan dari berbagai jenis pembelajaran untuk anak usia dini salah satu pembelajaran yang memiliki dampak besar terhadap kecerdasan anak adalah pembelajaran saintifik.
"Di masa pendemi ini banyak sekali hikmah yang dapat kita ambil, antara lain yaitu PG PAUD UNJ membuat seminar online ini untuk suatu terobosan untuk belajar dari rumah (BDR) atau pendidikan jarak jauh" ungkap Dra. Yasmin Faradiba, M. Pd selaku Dosen PG PAUD UNJ mengawali materinya.
Ibu Yasmin juga memaparkan mengenai definisi dari pembelajaran saintifik yang merupakan model pembelajaran yang menggunakan kaidah-kaidah keilmuan yang memuat serangkaian aktivitas pengumpulan data melalui observasi, menanya, eksperimen, mengolah informasi atau data, kemudian mengkomunikasikan. Namun sebelumnya ada beberapa prinsip-prinsip dasar yang perlu diketahui oleh guru sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik.
* Â Â Pembelajaran Berpusat pada Anak
Guru harus mengetahui minat dan kesukaan siswa terlebih dahulu yang nantinya akan ditentukan sebagai tema besar pembelajaran. Hal ini sangat penting karena akan mempengaruhi mood dan daya tarik siswa ketika kegiata belajar berlangsung.
* Â Â Pembelajaran Menciptakan Student Self ConceptÂ