Humaniora

Ceriakan Kehangatan Keluarga di Hari Kasih Sayang

14 Maret 2018   06:00 Diperbarui: 14 Maret 2018   08:42 151 0 0

Menurut saya setiap hari adalah hari kasih sayang karena setiap hari kita memiliki hak dan kewajiban untuk disayangi dan menyayangi keluarga,teman,sahabat,guru,dan orang- orang yang ada di sekitar kita. Di dunia hari kasih sayang atau sering disebut Valentine Day diperingati setiap tanggal 14 Februari.

Hari kasih sayang merupakan hari dimana orang-orang mengungkapkan kasih sayangnya terhadap seseorang ataupun keluarganya. Makna di hari Kasih Sayang ini biasanya ditandai dengan coklat, bunga, dan kebersamaan dengan orang yang tercinta. Kasih sayang yang diungkapkan terhadap seseorang biasanya ditandai dengan memberikan sebuah cokelat dan bunga kepada pasangan, hal tersebut sering dilakukan oleh anak-anak muda pada saat ini, ada yang memberikannya kepada pacar, teman, sahabat, bahkan gurunya.

Di kesempatan kali ini saya akan berbagi ceritaceriakankehangatan keluarga di hari kasih sayang yang susah saya lupakan dan terkenang. Di hari kasih sayang tahun ini saya tidak memberikan sebuah cokelat kepada teman, sahabat, guru, ataupun pacar. Namun saya memberikan waktu dan menghabiskan waktu saya hanya untuk merayakan hari kasih sayang bersama keluarga. Menurut saya sebelum kita merayakan hari kasih sayang bersama teman, sahabat, ataupun pacar, rayakan terlebih dahulu bersama keluarga, keceriaan dan kebersamaan dalam keluarga jarang ditemukan di hari biasa karena kesibukkan orang tua saya.

Di hari Valentine ini lah saya dapat menceriakan suasana dalam keluarga saya, dimana saya bisa tertawa dan berbagi cerita bersama adik dan orang tua saya. Merayakan hari kasih sayang bersama keluarga sangat jarang ditemukan di zaman modern dan kebarat-baratan ini. Menurut saya terdapat perbedaan bahwa merayakan hari kasih sayang bersama keluarga sangatlah berbeda dengan merayakannya bersama teman ataupun pacar.

Perbedaan merayakan Valentine bersama keluarga terletak pada kehangatan dan keceriaan dalam merayakannya, keluarga adalah tempat dimana saya mendapatkan kenyamanan dan kehangatan yang abadi. Merayakan hari kasih sayang bersama keluarga sangat penting dalam menjaga kehangatan dan keakraban dalam berkeluarga, kehangatan dan keakraban yang ada akan melahirkan suasana keceriaan dan suka cita dalam berkeluarga.

Banyak hal yang dapat dilakukan saat hari kasih sayang dalam menjaga kehangatan dan keutuhan dalam berkeluarga, seperti menonton bersama, berlibur bersama, berpetualang bersama bahkan makan bersama. Tidak perlu harus memberikan sebuah cokelat untuk membuktikan kasih sayang terhadap keluarga, tetapi cukup dengan memberikan waktu bersama keluarga, kehangatan dalam berkeluarga merupakan suatu bukti kasih sayang terhadap keluarga.

Di zaman sekarang, jarang orang yang berkumpul dan menghabiskan waktunya bersama keluarga dalam merayakan hari kasih sayang, mereka kebanyakan menghabiskan waktunya untuk teman, pacar, pekerjaan sampai kesibukannya masing-masing. Mulai sekarang ubahlah pemikiran kita tentang kasih sayang kepada teman, sahabat, dan pacar, prioritaskan kasih sayang terhadap keluarga. Utamakan mengasihi dan menyayangi keluarga terlebih dahulu, ceriakan kehangatan keluarga dalam mengungkapkan kasih sayang  terhadap mereka dengan menghabiskan waktu bersama mereka.

Pada hari kasih sayang tahun 2018 ini saya dan keluarga banyak melakukan hal kegiatan yang bermanfaat untuk saling mengakrabkan dalam sesama anggota keluarga. Mulai dari berlibur ke alam, bakar jagung, sosis dan bercerita tentang pengalaman masing-masing, berbagi cerita pada saat hari kasih sayang juga dapat menuaikan rasa kenyamanan dan kehangatan dalam keluarga, kita saling bercerita tentang pengalaman lucu dan bodoh yang pernah saya alami kepada keluarga, sehingga keceriaan dan kehangatan keluarga dalam merayakan hari kasih sayang terkiaskan disitu, saya merasa senang karena bisa tertawa lepas bersama adik dan mama papaku.

Meskipun kita hanya duduk dan menikmati keindahan pemandangan alam tetapi itu sudah membuatku senang. Setelah sore, kita memutuskan untuk pindah ke restoran langganan keluargaku untuk makan malam bersama, makan bersama keluarga dapat melahirkan suasana keakraban dalambukti kasih sayang terhadap keluarga. Kebersamaan terlihat saat kami makan bersama. Setelah makan malam, kita sekeluarga menonton bersama dirumah.

Kita menonton film genre komedi karena keluargaku adalah pecinta film komedi, sepanjang malam kita tertawa lepas sambil ditemani hangatnya teh manis buatan mamaku tercinta yang dimasak dengan BrightGas. Menonton bersama keluarga pada saat itu serasa melahirkan rasa keharmonisan dalam berkeluarga, saya merasa bahwa menonton bersama keluarga tidak kalah romantisnya dengan menonton bersama pacar.

Berkumpulnya anggota keluarga pada saat Valentine dalam satu wadah akan menjadikan hari kasih sayang yang penuh keceriaan dan suka cita. Hari kasih sayang tentunya akan berkesan dengan kehangatan dan keceriaan, karena ceria dan hangat adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Saya merasa bersyukur mempunyai keluarga yang sangat peduli dan sangat penyayang, ketika aku sedih dan mendapat masalah mereka selalu ada dan menenangkanku.

Pada saat hari kasih sayang itu kami sekeluarga merasa ikatan batin kami bertambah kuat sehingga menambah rasa nikmat kebersamaan dan kecintaan sesama anggota keluarga kami. Saya berharap keceriaan dan kehangatan keluargaku akan terus terjaga sampai maut memisahkan kita, aku bersyukur Allah telah memberikan keluarga yang penuh canda dan kasih sayang,  aku juga berterima kasih kepada mama papaku yang sudah mendidik aku dan adikku dengan penuh sabar, cinta dan kasih sayang. Tidak ada tempat yang paling nyaman selain pulang kerumah dan melihat senyum mama papaku. Aku sayang keluargaku.