Mohon tunggu...
Amilatus Sholihah
Amilatus Sholihah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Lamongan

Mahasiswa Semester 6 Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mencari Nikmat Iman Islam di Acara Virtual Ta'aruf OKOCE #3 Bersama Mualaf Hijrah Center

23 September 2021   13:04 Diperbarui: 23 September 2021   13:19 73 2 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mencari Nikmat Iman Islam di Acara Virtual Ta'aruf OKOCE #3 Bersama Mualaf Hijrah Center
Dok.pri: Virtual Ta'aruf OKOCE #3 

Rabu (15/09/2021) telah berlangsung acara Virtual Ta'aruf OK OCE #3 yang diselenggarakan dengan tema "Mualaf Hijrah Center". Acara yang diselenggarakan oleh Seeker Revolution ini bekerjasama dengan OK OCE Indonesia dan OK OCE Kemanusiaan, yang memiliki tujuan untuk menjadi jembatan kebaikan yang mempertemukan mustahiq dan muzakki.

Acara Virtual Taaruf ini menghadirkan dua pembicara yaitu Bapak Hedwig Hegar Bay Gani selaku pendiri Mualaf Hijrah Center dan Bapak Salman Khabibi selaku Ketua OK OCE Kemanusiaan, serta acara ini dipandu oleh Bapak Farid Rifai selaku bendahara umum  OK OCE.

Acara Virtual Taaruf ini terbagi menjadi dua sesi talkshow, dimana pada sesi pertama Bapak Hedwig selaku pendiri mualaf hijrah center menceritakan  mengenai pengalaman awal sebelum masuk islam hingga akhirnya mendirikan Mualaf Hijrah Center. Bermula dari kekecewaan Bapak Hedwig ketika menghadiri sebuah acara lembaga mualaf yang menurutnya masih belum maksimal dan nasehat yang didapatkan dari sang guru membuat Bapak Hedwig akhirnya memutuskan untuk mendirikan Mualaf Hijrah Center yang mana di  Mualaf Hijrah Center ini tidak hanya difokuskan kepada mualaf saja namun juga ditujukan kepada orang yang islam sejak lahir namun baru mengenal islam ketika dewasa. 

Mualaf Hijrah Center lebih berfokus kepada Pendidikan holistic shelter, dimana para mualaf yang mengalami berbagai macam permasalahan hidup ditampung menjadi satu dan diberikan pembinaan selama 6-9 bulan sehingga ketika lulus mereka dapat melanjutkan hidup kembali di masyarakat dengan akidah yang kuat, selain itu terdapat program-program lain dari mualaf hijrah center yaitu; senyum marbot, dapur rakyat, sajadah dhuafa, santunan yatim dan dhuafa serta rombong dagang pejuang nafkah.

Pesan penutup yang disampaikan oleh Bapak Hedwig pada sesi pertama yakni "Dakwah merupakan tugas semua umat islam, bukan hanya tugas ustadz dan ustadzah saja, dakwah mendidik mualaf bukan hanya tugas mualaf center melainkan tugas semua muslim dan bekerja bukan semata untuk kaya melainkan untuk bermanfaat bagi orang lain karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain".

Pada sesi kedua diawali dengan cerita mengenai awal kerjasama antara OK OCE Kemanusiaan dengan Mualaf Hijrah Center, dimana kerjasama tersebut diawali dari OK OCE kemanusia yang menjadi mitra pengelola zakat. Mualaf sendiri merupakan salah satu bagian dari 8 asnaf atau orang-orang yang berhak menerima zakat, sehingga hal tersebut yang mendasari kerjasama antara OK OCE Kemanusiaan dengan Mualaf Hijrah Center.

Sebagai penutup acara Bapak Hedwig memberikan sedikit pesan kepada para peserta yaitu, "untuk menjadi orang beriman pasti banyak masalah, di islam bukan melarang manusia untuk menjadi kaya namun pastikan kekayaan kita, kesusahan kita, sehat ataupun sakit kita mendapatkan keberkahan dan senantiasa mendekatkan kita kepada Allah SWT ". 

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan