Mohon tunggu...
Amila ZunitaPutri
Amila ZunitaPutri Mohon Tunggu... :)

Seorang manusia yang berjuang membahagiakan diri sendiri dan orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Komunikasi Lintas Budaya

14 Januari 2021   19:16 Diperbarui: 14 Januari 2021   19:23 30 2 0 Mohon Tunggu...

Topik 1

-Ruang Lingkup Komunikasi Lintas Budaya-

          Dalam memenuhi kebutuhan hidup kita tidak mungkin terlepas dari proses komunikasi, baik hablum minallah (komunikasi dengan sang kuasa/Allah) atau disebut komunikasi vertikal, hablumminannas (komunikasi sesama manusia) atau disebut komunikasi verikal. Sudah menjadi hakikatnya bahwa eksistensi kita tidaklah satu (homogen), jadi siapapun kita dimanapun akan berhadapan dengan esistensi & fenomena heterogenitas (baik etnis, bahasa, budaya, pola pikir dll).

          Tidak dipungkiri bahwa dengan adanya kemajuan teknologi dan transportasi yang ada saat ini telah memungkinkan manusia di berbagai penjuru dunia saling mengenal dan berhubungan erat tidak sekedar tetangga antar desa atau antar pulau. Jika kita memahami karakter & teori2 komunikasi maka kita akan survive dalam mengahadapi universalisasi & teknonolgi komunikasi yang berkembang khususnya Komunikasi lintas budaya.

Topik 2

-Ruang Lingkup Komunikasi Lintas Budaya II-

          Di dalam komunikasi antar budaya kita bisa mempelajari dan memahami apa yang berbeda dari setiap individu atau kelompok dan saling menghargai dan menghormati setiap budaya. Pada komunikasi lintas budaya kita dapat mengetahui cara-cara dalam berkomunikasi dengan berbagai latar belakang dan perbedaan dan juga mengatasi permasalahan atau hambatan yang terjadi ketika berkomunikasi antar budaya.

          Jika kita tidak mengenali tentang pemahaman komunikasi interpersonal maupun lintas budaya akan cenderung jadi masalah, sementara jika kita memahami karakter & teori2 komunikasi maka kita akan survive dalam mengahadapi universalisasi & teknonolgi komunikasi yang berkembang khususnya Komunikasi lintas budaya.

Topik 3

-Komunikasi Lintas Budaya dan Komunikasi Internasional-

            Komuniksai Internasional adalah komunikasi yang dilakukan antara komunikator yang mewakili suatu Negara untuk menyampaikan pesan kepada komunikan dari Negara lain, baik bersifat individu ataupun kelompok. Merupakan praktik komunikasi yang memanfaatkan bidang disiplin dari ilmu lain, seperti politik, ekonomi, psikologi, sosiologi, budaya dan ilmu bahasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
VIDEO PILIHAN