Mohon tunggu...
Amel Widya
Amel Widya Mohon Tunggu... Asisten Pribadi - PPNASN

Perempuan Berdarah Sunda Bermata Sendu. IG: @amelwidyaa Label Kompasiana: #berandaberahi

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Tamasya ke Toraja Bersama Si Gaul Ramping

18 Januari 2019   08:17 Diperbarui: 18 Januari 2019   08:46 316
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Arunika, matahari terbit, menyambut kedatangan saya. Toraja bermandi cahaya matahari. Inilah perjalanan yang lama saya dambakan: bertualang di kawasan wisata alam yang memikat dan kuburan-kuburan purba yang memesona.

Kerbau-kerbau merumput di sawah yang padinya telah dipanen. Tongkonan, rumah-rumah adat Toraja, berbaris memunggungi langit. Lelah setelah semalaman terguncang di bus dikalahkan rasa syukur tiada terkira. Saya tiba juga di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, tepat ketika 2017 tersisa sepekan.

Hal pertama yang terlintas dalam pikiran saya bukanlah badan pegal atau otot linu, melainkan laptop dan kamera. Semalam keduanya ikut terlonjak-lonjak sepanjang perjalanan dari Makassar (Ibu Kota Provinsi Sulsel) ke Makale (Ibu Kota Kabupaten Tana Toraja).

Saya memang punya dua hobi. Bertamasya dan bercerita. Kedua hobi itulah yang mengantar saya kemari. Sudah lama saya penasaran ingin menyaksikan upacara pemakaman yang, konon, biayanya sering menyentuh angka miliaran. Menjelang 2018, mimpi saya terbayar tunai, lunas, dan tuntas.

Si Gaul Ramping, Zenbook S UX391UA | Foto: asus.com
Si Gaul Ramping, Zenbook S UX391UA | Foto: asus.com
Akan tetapi, hobi saya bercerita pasti terancam kalau laptop galat atau mengadat. Jelas saya khawatir karena Asus yang saya bawa, kala itu, bukanlah edisi terbaru. Beda cerita kalau saya membawa Zenbook S UX391UA. Dengan ketebalan hanya 12,9 mm dan bobot cuma 1 kg, Zenbook S amat ringkas dan ringan.

Namun, jangan tuding Zenbook S ringkih dan rentan. Asus menjamin daya tahannya sekelas militer. Sertifikasinya apik, Military Grade MIL-STD 810G. Selain kebal saat terjatuh, juga tangguh dalam cuaca ekstrem seperti suhu sangat tinggi atau hawa amat rendah. Pendeknya, aman dan nyaman digunakan kapan pun dan di mana pun.

Bukan hanya itu. Varian Asus ini ditata dengan desain yang berbeda dari generasi sebelumnya. Desain Zenbook S dilengkapi engsel Ergolift yang memungkinkan monitor dapat diputar dan dijadikan dudukan. Hasilnya keren. Mengetik makin nyaman. Aliran udara di bagian bawah juga menjamin laptop tidak mudah panas. Selain itu, lantun musik pun kian sedap di telinga.

Jangan ragukan tampilannya. Sangat milenial. Deep Dive Blue, misalnya, bak momen magis ketika sinar keemasan fajar menerangi langit biru pagi. Belum lagi laras warna kontras di sekitar tepiannya dengan tampilan berlian Rose Gold. Tenang ditenteng, senang dipakai.

Saya namai Zenbook S UX391UA sebagai Si Gaul Ramping. Gaul karena desainnya trendi. Ramping karena bentuknya tipis. Gaul karena warnanya memukau, ramping sehingga ringan dipangku. Hanya saja, bukan Si Gaul Ramping yang kala itu menemani saya ke Toraja, melainkan kerabatnya sesama Asus. Mungkin kakeknya, mungkin eyangnya.

Sembilan Keunggulan Zenbook S, Si Gaul Ramping | Dokpri
Sembilan Keunggulan Zenbook S, Si Gaul Ramping | Dokpri

Sebagai perempuan yang suka bercerita lewat tulisan, kehadiran laptop sangat penting. Bagai stateskop bagi dokter, seperti senjata bagi tentara, atau laksana panggung bagi aktor. Tanpa laptop, saya kehilangan daya bercerita.

Saya beruntung karena laptop sehat dan baik-baik saja di dalam tas. Keputusan memilih Asus terbukti sangat jitu. Sekalipun bukan Si Gaul Ramping, produk Asus selalu "tabah menghadapi guncangan". Walaupun bukan Si Gaul Ramping, produk Asus "tahan banting sepanjang perjalanan".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun