Mohon tunggu...
Ameliyaros
Ameliyaros Mohon Tunggu... Dosen - Adventure Seeker I Literation Enthusiast

Knowledge is the Power I You are What You Think I Ig: @ameliyaros

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Menelusuri Budaya Autentik Negeri Gajah Putih dari Sudut Pandang Komunitas

12 Februari 2024   20:16 Diperbarui: 12 Februari 2024   20:17 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1: Para Peserta Event Loy Krathong dan Yi Peng Festival (3 Des 2023). Foto by @sanukmak.thaitrip

Saat mendengar kata Thailand, apa yang terbenak dalam pikiran Anda? Produk kulinernya yang berkualitas dan mengugah selera mungkin?Ataukah aktor film korea yang ganteng dan cantik? Atau lagu-lagu pop Thailand (T-Pop) yang berirama ringan dan menarik yang mungkin semakin familiar dikalangan anak muda, atau mungkin destinasi wisata kota-kota di Thailand seperti: Bangkok, Chiang Mai, Pattaya, Phuket dan masih banyak lagi. Tentu jawaban  kita masing-masing bisa sama ataupun bisa berbeda satu sama lain, tergantung minat dan kebutuhan yang kita miliki.

     Berawal dari ketertarikan sekelompok anak muda Indonesia khususnya mengenai kebudayaan dari negara gajah putih ini, terciptalah komunitas bernama Sanuk Mak. Komunitas ini hadir dari semangat para pendirinya untuk menelusuri lebih jauh keunikan dari kebudayaan autentik Thailand kepada masyarakat di Indonesia khususnya generasi muda kaum milenial dan gen Z. Tidak hanya sebatas pada gastronomi atau pop culture nya, tapi lebih mendalam lagi kepada nilai luhur yang membentuk output kultur Thailand tersebut, termasuk dari nilai historis dan demografi yang sedikit banyak memiliki keterkaitan dengan Indonesia, sebagai negara yang secara geografis sama-sama terletak di Asia Tenggara. Thailand dan Indonesia memiliki kemiripan budaya dalam hal kebudayaan yang terpengaruh dari kultur dan bahasa Sanskrit India Hindu kuno sampai dengan bentuk arsitektur candi dan juga tokoh pewayangan yang cukup populer seperti Hanoman atau disebut juga Anoman. Di Indonesia, Anoman adalah salah satu dewa dalam kepercayaan agama Hindu yang berwujud berupa seekor kera putih dan merupakan putra Batara Bayu dan Anjani, yang merupakan tokoh protagonis dalam wiracarita Ramayana. Sementara secara umum, termasuk di India dan di Thailand, Hanoman dipuja sebagai dewa pelindung dan beberapa kuil didedikasikan untuk memuja dirinya. Nah, Hanoman ini pun menjadi inspirasi maskot dari komunitas ini, dan diberi nama Hanumin (Gambar 2).

     Sanuk Mak saat ini per tahun 2023 dikelola oleh tim yang terdiri dari empat orang pemuda-pemudi yaitu: Kakak (Phi dalam Bahasa Thailand) Rara, Edrick, Anggun dan Ninu. Perkumpulan ini memiliki tagline: dari Thai Lovers, untuk Thai Lovers. Jadi semangat dalam perkumpulan ini adalah kebersamaan yang positif khususnya dalam memperkenalkan tidak hanya destinasi populer Thailand tetapi juga dalam menghubungkan para traveler dengan nilai autentik dari negara Thailand yang indah dan unik.

Berbagai jasa aktivitas yang ditawarkan dari perkumpulan ini mencakup:

a). Travel Buddy : Sebagai teman seperjalanan yang dapat diandalkan dalam menemani trip outbound ke berbagai destinasi menarik di berbagai kota di Thailand termasuk menjelajahi pengalaman dalam aspek history and culture; food and culinary; shopping & cities; unique destination; beauty of nature; entertaiment industry serta photogenic place. Dimana tipe travel ini memiliki tiga opsi yaitu general trip, private trip ataupun fan trip.

b). Event Buddy: Sebagai teman sepermainan yang hadir bersama dalam acara yang berhubungan dengan kebudayaan hiburan yang terkait dengan nilai-nilai positif dari negara Thailand. Contoh: Event Sawadeejaa di Black Stone Garage, Jakarta (16 September 2023) dan Krathong Rhapsody (4 Desember 2023) di Ret Hub, Jakarta Selatan.

Setidaknya tercatat tidak kurang dari sembilan kali aktivitas telah  diselenggarakan di tahun 2023 dengan berbagai tema yang menarik. Di November dan Desember 2023 lalu misalnya, Sanuk Mak menyelenggarakan salah satu festival Valentine ala Thailand yang dirayakan satu tahun sekali yang dikenal dengan nama Loy Krathong Festival bekerja sama dengan berbagai mitra salah satunya adalah dengan Royal Thai Embassy dan Wisata Thailand di Jakarta, kemudian karena antusiasme masyarakat yang cukup tinggi, event Loy Krahtong ini diadakan kedua kalinya dan dirayakan sekaligus dengan Yi Peng Festival atau Festival Lentera, yang kebetulan memang jatuh di saat yang hampir bersamaan menurut Lunar Thailand Calendar atau pada penanggalan barat, jatuh sekitar di bulan akhir November sampai dengan Desember, pada saat datangnya bulan purnama.

Apa saja sih kegiatan seru yang dilakukan perkumpulan Sanuk Mak pada Event Buddy?

Kilas singkat Acara Loy Krahtong dan Yi Peng Festival Tanggal 3 Desember 2023 yang berlokasi di Ret Hub, Jakarta Selatan:

Kegiatan Utama dari acara ini adalah:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun