Mohon tunggu...
Amelia Nur Fauziah
Amelia Nur Fauziah Mohon Tunggu... Public Relations

hello, its me!

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Inilah Alasan Kenapa Mahasiswa Harus Mengikuti Program Magang

20 April 2021   11:35 Diperbarui: 21 April 2021   15:47 945 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah Alasan Kenapa Mahasiswa Harus Mengikuti Program Magang
Ilustrasi bekerja saat magang. (Foto: freepik.com/lookstudio)

Karena sudah belajar akademik di kampus, seringkali mahasiswa merasa sudah cukup bekal untuk terjun ke dunia kerja. Padahal, kerja praktek atau magang sangat penting untuk membantu mahasiswa mengenal dunia kerja secara nyata. 

Program magang ini juga bisa sebagai pengenalan terkait bagaimana bekerja secara profesional dan membangun relasi lebih luas. Kamu juga bisa beradaptasi dengan alur pekerjaan dan hubungan profesional. 

Ada pula beberapa universitas yang menjadikan magang atau kerja praktek sebagai kewajiban untuk mendapat nilai. Magang juga memberikan pendapatan sekaligus pengalaman nyata bagi mahasiswa sebelum akhirnya lulus dan mencari kerja. 

Untuk saat ini ada banyak perusahaan yang menawarkan lowongan magang untuk mahasiswa, oleh karena itu kamu bisa memanfaatkannya untuk magang terlebih dulu. Magang menjadi waktu yang tepat untuk mengasah kemampuan dan memperdalam minat dalam bidang yang sudah kamu pelajari di kuliah. 

Kenapa Sih Harus Magang?

Memberikan Gambaran Dunia Kerja

Ilustrasi bekerja di kantor. (foto: freepik.com/jcomp)
Ilustrasi bekerja di kantor. (foto: freepik.com/jcomp)

Bagi mahasiswa, dunia kerja mungkin dibayangkan dengan gaji tinggi, kantor besar, dan seragam keren. Padahal, banyak realita yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa agar mampu bersaing mencari kerja setelah lulus. 

Saat magang, mahasiswa akan belajar tentang hubungan sosial, ruang lingkup pekerjaan, hingga politik. Tidak hanya pengetahuan akademis, mahasiswa juga perlu mengerti apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan di dunia kerja. Profesionalisme diajarkan melalui kerja nyata selama magang. 

Menambah Relasi atau Koneksi

Ilustrasi networking di kantor. (freepik.com/senivpetro)
Ilustrasi networking di kantor. (freepik.com/senivpetro)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN