Mohon tunggu...
Amalia Azahra Putri
Amalia Azahra Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - perfectly imperfect

"Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta" 21107030136

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Penting! Obat-Obatan Basic yang Harus Ada di Rumah

12 Juni 2022   01:09 Diperbarui: 12 Juni 2022   01:18 132 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tidak dapat kita pungkiri kita pasti membutuhkan obat dalam kehidupan keseharian kita. Terlebih ketika kita yang melakukan aktivitas secara rutin membuat tubuh kita terkadang kehilangan daya tahannya untuk terjaga agar tetap sehat. Kesehatan adalah suatu hal yang sangat penting dalam tubuh manusia, dimana kita terhindar dari berbagai macam penyakit juga hal-hal lainnya yang menyebabkan tubuh kita menjadi tidak optimal. Ketika kita sakit, secara tidak langsung pasti akan membuat aktivitas kita menjadi terganggu. Dengan terganggunya aktivitas yang kita lakukan akan membuat kita menjadi tidak maksimal dalam melakukannya.

Banyak dari kita yang menggunakan obat dengan bebas, serta secara berlebihan akan menimbulkan efek samping maupun pengaruh dari penyalahgunaan obat tersebut. Hal ini dapat terjadi akibat minimnya informasi tentang obat-obatan yang tidak diperhatikan dan tidak dipahami oleh kita, khususnya masyarakat.

Terkadang juga, banyak dari kita yang kurang memiliki pemahaman tentang pentingnya obat-obatan dan juga memilih dalam penggunaan obat secara benar. Dengan kurangnya informasi dan pemahaman mengenai penggunaan obat-obatan, akan menyebabkan telatnya pengobatan hingga menyebabkan pengobatan tidak tercapai, dan parahnya lagi akan menyebabkan kematian.

Dalam hal ini, pentingnya dilakukan penyuluhan sendiri (self medication) atau dapat dikatakan sebagai yang memiliki pengertian bahwa upaya yang dilakukan masyarakat untuk mengatasi sendiri baik keluhan maupun gejala penyakit, sebelum mereka memutuskan untuk pergi ke dokter atau fasilitas kesehatan lainnya untuk mendapatkan pertolongan.

Banyak dari masyarakat Indonesia yang menyimpan obat di rumahnya. Obat tersebut biasanya diperoleh dari resep dokter maupun obat warung yang dapat dibeli secara bebas di pasaran. Adapun penggolongan obat yang dapat kita ketahui dari tanda maupun logo yang terdapat pada kemasan obat sebelum kita mengonsumsinya. Terdapat banyak tanda yang dapat kita temukan pada obat obatan yang ingin kita beli, diantaranya yaitu:

  • Lingkaran berwarna hijau

source: smk farmasi cefada
source: smk farmasi cefada

Jika kalian menemukan obat dengan tanda lingkaran berwarna hijau dengan tepian garis yang berwarna hitam, maka dapat diartikan bahwa obat itu dapat dengan mudah didapatkan dengan bebas memerlukan resep dari dokter. Obat ini dapat kita temukan baik di warung maupun apotek terdekat. Namun, jangan sampai disalah artikan bahwa dengan dapat membeli obat tersebut dengan bebas, kita tidak boleh sembarangan mengosumsinya. Ikutilah petunjuk yang tertera pada kemasan obat tersebut.

  • Lingkaran berwarna biru dengan tepian berwarna hitam

source: smk farmasi cefada
source: smk farmasi cefada

Symbol maupun tanda yang kalian temukan pada kemasan obat, yang biasanya terletak pada bagian ujung kemasan menandakan bahwa obat tersebut termasuk obat yang memiliki jenis bebas terbatas. Obat ini termasuk jenis bebas terbatas karena obat ini memiliki dosis yang tinggi namun obat ini tetap dapat dibeli dengan bebas tanpa harus memakai resep dari dokter terlebih dahulu. Dalam kemasan obat bertanda ini pun hanya memiliki peringatan dosis yang harus diperhatikan sebelum kita mengonsumsinya. Obat ini dapat kita temukan baik di warung , maupun apotek terdekat walaupun terbatas.

  • Lingkaran berwarna merah dengan huruf K

source: smk farmasi cefada
source: smk farmasi cefada

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan