Mohon tunggu...
Amalia Azahra Putri
Amalia Azahra Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - perfectly imperfect

"Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta" 21107030136

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Klinik Lanud Adisucipto Melangsungkan Vaksinasi Covid-19, Layani Dosis 1 dan 2 hingga Booster

9 April 2022   23:36 Diperbarui: 9 April 2022   23:38 284 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi Pelaksanaan Program Vaksinasi Covid-19 di Klinik Cendrawasih Adisucipto

Pangkalan TNI Angkatan Udara Adisucipto atau yang lebih dikenal dengan sebutan Lanud Adisucipto menggelar vaksinasi Covid-19 tepatnya di Klinik Cendrawasih. Beralamat di daerah Karang Janbe, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dilansir dari media Sehat Negeriku, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksin Booster akan dimulai tanggal 12 Januari 2022 sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Program vaksin Booster ini akan dilakukan secara gratis untuk masyarakat Indonesia.

Sasaran vaksinasi Booster ditujukan kepadai masyarakat berusia 18 tahun ke atas dengan memprioritaskanl lansia dan penderita imunokompromais dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau 2 kali suntik dan minimal 6 bulan setelah penyuntikan dua dosis.

Bagi masyarakat yang belum bisa mengakses vaksinasi, baik masyarakat sekitar Yogyakarta maupun luar derah bisa melaksanakan vaksin yang akan digelar rutin setiap hari di Klinik Cendrawasih Lanud Adisucipto. Vaksin yang diberikan mulai dari vaksin pertama, kedua dan juga vaksin Booster. Masyarakat yang melakukan vaksinasi dimulai dari mahasiswa bahkan bahkan paruhbaya. Pelaksanaan vaksin masih menuai antusias warga yang ingin melakukan vaksinasi Covid-19.

Pelayanan vaksin Covid-19 yang dilakukan di Klinik Cendrawasih dilakukan setiap hari dimulai dari pukul 08.00-12.00 WIB. Dengan memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Kriteria anak 6-12 tahun dosis 1 dan 2
  • Jenis vaksin menggunakan Pfizer
  • Kriteria usia 18+ (Booster)
  • Jenis vaksin menggunakan Pifzer dan AstraZeneca
  • Adapun persyaratan yang dibutuhkan yakni diantaranya:
  • Sudah menerima dosis 1 dan 2 dengan menggunakan dosis 1 dan 2 dengan jenis vaksin Sinovac, AstraZeneca, dan juga Pfizer.
  • Membawa fotocopy KTP/KK
  • Membawa kartu vaksin 1 dan 2
  • Vaksin Booster interval 3 bulan dari dari dosis 2

Dokumentasi Pribadi Masyarakat sedang Mengantri Vaksinasi Covid-19
Dokumentasi Pribadi Masyarakat sedang Mengantri Vaksinasi Covid-19

Penulis mewawancarai salah seorang warga yang sedang mengantri giliran vaksinasi pada tanggal 9 April 2022, yakni dengan Anita (mahasiswi) yang sedang kuliah di Yogyakarta namun berdomisili di Jawa Barat. Anita mengatakan bahwa beliau melakukan vaksinasi di Klinik Cendrawasih Lanud Adisucipto dating bersama kedua temannya. Saat ditanyai Anita menyatakan bahwa ia ingin melakukan vaksin Booster karena untuk memaksimalkan vaksinasi dan juga menurutnya dengan melakukan vaksin Booster ini, ia tidak tidak perlu lagi melakukan tes Rapid-Antigen dikala ingin pulang kampung saat libur lebaran kelak.

"Berhubung ada kesempatan untuk bisa vaksinasi lagi kenapa ngga? Biar sekalian juga sih, kalau nanti mau pulang kampung waktu libur lebaran ga perlu tes Rapid-Antigen lagi soalnya udah vaksin Booster" pungkas Anita sembari tersenyum.

 Adapun penulis mewawancarai salah seorang mahasiswa asal Yogyakarta juga yang bernama Adi, tujuan ia mengikuti vaksinasi Covid-19 yakni untuk salah satu persyaratan kuliah offline di kampusnya, yang mana memiliki persyaratan sudah melakukan vaksinasi Covid-19 agar dapat melakukan kegiatan pembelajaran tatap muka.

"Saya ikut program vaksin kedua, buat naikin herd immunity sih dan juga itu salah satu syarat biar bisa kuliah offline, kan capek juga Mbak, kalau kuliahnya online terus, kuliah di rumah kayak ga berasa kuliah" tutur Adi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan