Mohon tunggu...
Amela Rahmawati
Amela Rahmawati Mohon Tunggu... Pelajar

Amar ma'ruf nahi munkar.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Kalangan Remaja

4 Maret 2021   00:58 Diperbarui: 4 Maret 2021   01:04 135 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Kalangan Remaja
Ilustrasi beras kencur iStock

Jamu merupakan obat herbal tradisional yang sudah turun temurun dari nenek moyang Indonesia. Walaupun pengobatan konvensional semakin penting, jamu tetap polpuler baik di pedesaan atau perkotaan. Pemerintah telah mempersiapkan jamu yang sudah standarisasi herbal dan fitofarde (fittomakka). Jamu merupakan minuman herbal yang sebagian besar didasarkan atas data empiris, dibutuhkan lebih banyak riset untuk membuktikan keefektifan secara ilmiah dan menjamin keselamatan. 

Pada awalnya masyarakat Indonesia yang lebih menyukai jamu adalah orang-orang yang sudah lanjut usia, namun semakin berkembangnya jaman kini semua golongan usia termasuk remaja sudah menyukai jamu. Dari pada obat yang dijual di apotek, jamu lebih nyaman diminum, rasanya sedikit manis karena ada tambahan gula aren pada jamu.

Namun kelebihan lain jamu dibandingkan obat apotek adalah jamu terbebas dari bahan kimia, sedangkan obat apotek banyak menggunakan bahan kimia. Padahal walaupun terasa lebih ampuh, bahan kimia pada obat apotek hanya dapat menghilangkan gejalanya saja.

Jamu pada umumnya berbahan baku rempah-rempah asli Indonesia seperti jahe, kencur, kunyit, dan temulawak. Salah satu jamu yang terkenal di kalangan remaja yaitu jamu beras kencur. Selain rasanya yang nikmat, khasiatnya yang terkandung dalam jamu beras kencur sangat melimpah. Jamu beras kencur dapat mengatasi pegal linu, sariawan, diare, dan penambah nafsu makan.

Selain itu jamu beras kencur juga bermanfaat dalam hal kecantikan, seperti mengatasi jerawat, mencerahkan kulit, dan mengencangkan kulit.

Bahan pembuatan jamu beras kencur yang mudah didapat juga merupakan daya tarik dari jamu ini.  Jamu yang berbahan dari beras, kencur, jahe, dan gula aren cara pembuatanya pun mudah.

Pertama, tumbuk beras yang sudah dibersihkan hingga halus lalu masukan kedalam panci yang sudah berisi air mendidih.
Kedua, masukan bahan lain seperti gula aren, kencur, dan jahe yang sudah di geprek. Lalu aduk hingga gula merah larut dan semua bahan tercampur.
Jamu beras kencur yang nikmat dan menyehatkan sudah selesai dan siap untuk  disajikan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x